LKPD PERANAN VIRUS
BIOLOGI SMA KELAS X
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 2
PERANAN VIRUS
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Melalui penerapan Model Pembelajaran Inquiry Learning dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dan metode diskusi, penugasan, tanya jawab, dan presentasi, peserta didik mampu :
1. Peserta didik menganalisis struktur, reflikasi, dan peran virus dalam kehidupan dalam bentuk karya reflika (model virus tiga dimensi) atau flyer dalam bentuk skema/uraian/ yang memuat ciri-ciri (gambar struktur, reflikasi) dan peran dalam kehidupan manusia dengan bernalar kritis.
2. Melakukan kampanye tentang bahaya virus (cara mejaga diri dari bahaya virus dan cara menaggulangi bahaya virus) dalam kehidupan berdasarkan tingkat virulensinya dalam bentuk karya produk masker/hand sanitaizer atau flyer dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan gotong royong.
sehingga peserta didik mampu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Berdoa dulu sebelum belajar ya ... klik di sini
Isi asesmen diagnostik klik
Mood Booster dulu yuk! Klik
KEGIATAN 1
Kehidupan manusia mengalami perubahan drastis semenjak Desember 2019 saat Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) ditemukan pertama kali di kota Wuhan, Tiongkok. Covid-19 disebabkan oleh salah satu keluarga koronavirus, yaitu Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Covid-19 menyebar dengan cepat ke seluruh dunia sehingga pada 11 Maret 2020, WHO menyatakan keadaan ini sebagai pandemi.
Menurut data statistik pada situs https://www.outbreak.my/ms/world tanggal 21 Januari 2021 menyebutkan ada 98.803.816 orang di dunia yang terinfeksi, 2.118.719 di antaranya meninggal dan 70.780.399 dinyatakan sembuh. Setahun, virus ini telah mengurangi dua juta populasi manusia.
FENOMENA
Klik di sini!
OBSERVASI
Observasilah link di atas, kemudian kaitkan dengan virus korona yang terjadi hingga saat ini!
MERUMUSKAN MASALAH
Tuliskan rumusan masalah dari link di atas tentang lingkup materi dengan menggunakan rumus (5W 1H)!
MENGAJUKAN HIPOTESIS
Tuliskan hipotesis dari rumusan masalah yang kamu tuliskan!
MENGUMPULKAN DATA
Kumpulkan data dengan memberi sub judull kajian berdasarkan link di atas, sesuai kolom materi!
NO |
SUB JUDUL |
MATERI |
1. |
................................................................... |
Seiring dengan penemuan mikroskop oleh Anthonie Van Leuwenhoek
(1632 – 1723) dan perkembangan pesat ditemukannya mikroskop elektron, Adolff Meyer (1882) mengkaji penyebab sakit pada
tembakau, dikaji ulang oleh Dimitri Ivanowsky dengan kesimpulan organisme
yang menyerang tananam tembakau adalah patogen yang berukuran sangat
kecil/zat kimia yang diproduksi oleh bakteri dan lolos dari penyaringan. Tahun
1987 M.Beijerink, Ivanasky menemukan fakta bahwa organisme yang menyerang
tembakau tidak dapat tumbuh di dalam medium biakan bakteri dan tidak mati
walaupun dimasukkan ke dalam alkohol. Bejerink menyimpulkan bahwa orgnisme
yang menyerang tembakau tersebut sangatlah kecil yang hanya dapat hidup dalam
makhluk hidup yang diserangnya. Ivanowsky
dan Beijerink dinobatkan sebagai penemu virus. Tahun 1935, Windell
Stanley mengkristalkan organisme yang menyerang tanaman tembakau tersebut dan
diberinya nama TMV (Tobacco Mozaik Virus). |
2. |
................................................................... |
Virus berasal dari kata virion yang artinya racun Ilmu yang mempelajari tentang virus adalah virologi |
3. |
................................................................... |
Ukuran virus Bentuk virus Struktur virus |
4. |
................................................................... |
Virus oleh para ilmuwan dikatakan sebagai benda mati, jika virus
tersebut di luar sel hidup karena dapat dikristalkan. Namun, jika virus
mendapatkan tempat pada sel hidup/organisme, virus akan menunjukkan aktivitas
layaknya sel hidup, yaitu mampu bereproduksi sehingga dapat bertambah banyak. |
5. |
................................................................... |
Siklus litik Siklus lisogenik |
6. |
................................................................... |
Mengacu pada sistem ICTV (International Commitee on Taxonomy of
Viruses), sudah teridentifikasi lebih dari 2.000 virus Ada juga pengkalsifikasian berdasarkan : 1. Jenis asam nukleat (virus DNA, virus RNA) 2. Jenis sel inang 3. Sifat imunologis 4. Cara penularan 5. Simtomatologi, dll |
7. |
................................................................... |
1. Peran menguntungkan a.
Bidang rekayasa
genetika digunakan untuk kloing gen (produksi DNA) untuk kepentingan manusia,
contohnya; Virus untuk terapi gen manusia sehingga diharapkan
penyakit genetis seperti diabetes dan kanker dapat disembuhkan. b.
Pembuatan
vaksin protein c.
Pengobatan
secara biologis d.
Pemberantasan
serangga hama e.
Membuat
perangkat elektronik
2. Peran merugikan a.
penyakit pada
tumbuhan b.
Penyebab
penyakit pada hewan c.
Penyebab
penyakit pada manusia |
8. |
................................................................... |
1. Vaksin Vaksin memberikan kekebalan secara aktif Contoh vaksin ; a.
OPV (Oral Polio
Vancine) b.
Vaksin rabies c.
Vaksin
hepatitis B d.
Vaksin
influenza e.
Vaksin cacar f.
Vaksin campak g.
Vaksin MMR
(Measles, Mumps, Rubella), untuk cacar, gondong, campak. 2. Interferon yaitu protein yang dihasilkan oleh
hewan atau sel biakan sebagai respon terhadap infeksi virus atau penginduksi
lain dan berfungsi menghambat replikasi virus dalam suatu sel 3. Kemoterapi antivirus
|
9. |
................................................................... |
1. Vaksin yang berasal dari patogen yang telah
dimatikan 2. Vaksin dari patogen yang telah dilemahkan 3. Vaksin yang berasal dari senyawa patogenik
mikroorganisme yang dibuat tidak aktif |
10. |
................................................................... |
1. Menjaga kebersihan lingkungan 2. Menjaga kebersihan diri sendiri 3. Makan-makanan yang sehat dan bergizi 4. Tidak merokok 5. Mengikuti seminar tentang bahaya virus 6. Mengkampanyekan bahaya-bahaya virus |
MENGANALISIS DATA
Berikan tanda ceklist pada kolom jawaban yang paling tepat!
NO |
PERNYATAAN |
BENAR |
SALAH |
1. |
Virus adalah makhluk hidup |
|
|
2. |
Virus adalah benda mati |
|
|
3. |
Virus berukuran sangat kecil sehingga hanya dapat dilihat dengan
mikroksop elektron |
|
|
4. |
Virus dapat bereproduksi secara litik dan lisogenik |
|
|
5. |
Klasifikasi virus berdasarkan inangnya saja |
|
|
6. |
Peranan virus adalah merugikan saja |
|
|
7. |
Virus tidak dapat dicegah dengan vaksin |
|
|
8. |
Konsumsi makanan sehat dapat mencegah virus menjangkit tubuh |
|
|
KESIMPULAN
Buatlah kesimpulan berdasarkan hasil analisis data yang kalian lakukan dalam bentuk peta konsep atau bentuk uraian atau gambar dengan kreatif!
Berdoa setelah belajar klik di sini
by Ai Rohimah, S.Pd
Guru Biologi SMAN 1 Rancaekek
Sumber :
Aryulina, Diah. dkk. 2007. Biologi 1. Esis. Jakarta. Erlangga.
Pratiwi, D.A. dkk. 2017. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.
Irnaningtiyas. 2016. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.
Safitri, Ririn. 2016. Biologi X. Surakarta. CV Mediatama.
Sri Sayeki, Naniek. 2015. Biologi 1. Jakarta. CV Arya Duta.
Sulistyorini, Ari. 2009. Biologi 1. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Artanti. 2020. Modul Pembelajaran SMA Biologi Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jakarta. Kemendikbud.
Ratna Puspaningsih, Ayuk. dkk. 2021. Buku Panduan Guru IPA. Jakarta. Kemendikbudristek.
Ratna Puspaningsih, Ayuk. dkk. 2021. Buku Panduan Siswa IPA. Jakarta. Kemendikbudristek.
Comments
Post a Comment