LKPD PERANAN VIRUS


 

BIOLOGI SMA KELAS X

LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 2

PERANAN VIRUS



TUJUAN PEMBELAJARAN :

Melalui penerapan Model Pembelajaran Inquiry Learning dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dan metode diskusi, penugasan, tanya jawab, dan presentasi, peserta didik mampu :

1. Peserta didik menganalisis struktur, reflikasi, dan peran virus dalam kehidupan dalam bentuk karya reflika (model virus tiga dimensi) atau flyer dalam bentuk skema/uraian/ yang memuat ciri-ciri (gambar struktur, reflikasi) dan peran dalam kehidupan manusia dengan bernalar kritis.

2. Melakukan kampanye tentang bahaya virus (cara mejaga diri dari bahaya virus dan cara menaggulangi bahaya virus) dalam kehidupan  berdasarkan tingkat virulensinya dalam bentuk karya produk masker/hand sanitaizer atau flyer dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan gotong royong.

sehingga peserta didik mampu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Berdoa dulu sebelum belajar ya ... klik di sini

Isi asesmen diagnostik klik 

Mood Booster dulu yuk! Klik 


KEGIATAN 1

Kehidupan manusia mengalami perubahan drastis semenjak Desember 2019 saat Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) ditemukan pertama kali di kota Wuhan, Tiongkok. Covid-19 disebabkan oleh salah satu keluarga koronavirus, yaitu Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Covid-19 menyebar dengan cepat ke seluruh dunia sehingga pada 11 Maret 2020, WHO menyatakan keadaan ini sebagai pandemi. 

Menurut data statistik pada situs https://www.outbreak.my/ms/world tanggal 21 Januari 2021 menyebutkan ada 98.803.816 orang di dunia yang terinfeksi, 2.118.719 di antaranya meninggal dan 70.780.399 dinyatakan sembuh. Setahun, virus ini telah mengurangi dua juta populasi manusia. 


FENOMENA

Klik di sini!


OBSERVASI

Observasilah link di atas, kemudian kaitkan dengan virus korona  yang terjadi hingga saat ini!

MERUMUSKAN MASALAH

Tuliskan rumusan masalah dari link di atas tentang lingkup materi dengan menggunakan rumus (5W 1H)!

MENGAJUKAN HIPOTESIS

Tuliskan hipotesis dari rumusan masalah yang kamu tuliskan!

MENGUMPULKAN DATA

Kumpulkan data dengan memberi sub judull kajian berdasarkan link di atas, sesuai kolom materi!

NO

SUB JUDUL

MATERI

1.

...................................................................

Seiring dengan penemuan mikroskop oleh Anthonie Van Leuwenhoek (1632 – 1723) dan perkembangan pesat ditemukannya mikroskop elektron, Adolff  Meyer (1882) mengkaji penyebab sakit pada tembakau, dikaji ulang oleh Dimitri Ivanowsky dengan kesimpulan organisme yang menyerang tananam tembakau adalah patogen yang berukuran sangat kecil/zat kimia yang diproduksi oleh bakteri dan lolos dari penyaringan. Tahun 1987 M.Beijerink, Ivanasky menemukan fakta bahwa organisme yang menyerang tembakau tidak dapat tumbuh di dalam medium biakan bakteri dan tidak mati walaupun dimasukkan ke dalam alkohol. Bejerink menyimpulkan bahwa orgnisme yang menyerang tembakau tersebut sangatlah kecil yang hanya dapat hidup dalam makhluk hidup yang diserangnya. Ivanowsky  dan Beijerink dinobatkan sebagai penemu virus. Tahun 1935, Windell Stanley mengkristalkan organisme yang menyerang tanaman tembakau tersebut dan diberinya nama TMV (Tobacco Mozaik Virus).

2.

...................................................................

Virus berasal dari kata virion yang artinya racun

Ilmu yang mempelajari tentang virus adalah virologi

3.

...................................................................

Ukuran virus

Bentuk virus

Struktur virus

4.

...................................................................

Virus oleh para ilmuwan dikatakan sebagai benda mati, jika virus tersebut di luar sel hidup karena dapat dikristalkan. Namun, jika virus mendapatkan tempat pada sel hidup/organisme, virus akan menunjukkan aktivitas layaknya sel hidup, yaitu mampu bereproduksi sehingga dapat bertambah banyak.

5.

...................................................................

Siklus litik

Siklus lisogenik

6.

...................................................................

Mengacu pada sistem ICTV (International Commitee on Taxonomy of Viruses), sudah teridentifikasi lebih dari 2.000 virus

Ada juga pengkalsifikasian berdasarkan :

1.       Jenis asam nukleat (virus DNA, virus RNA)

2.       Jenis sel inang

3.       Sifat imunologis

4.       Cara penularan

5.       Simtomatologi, dll

7.

...................................................................

1.       Peran menguntungkan

a.       Bidang rekayasa genetika digunakan untuk kloing gen (produksi DNA) untuk kepentingan manusia, contohnya;

Virus untuk terapi gen manusia sehingga diharapkan penyakit genetis seperti diabetes dan kanker dapat disembuhkan.

b.       Pembuatan vaksin protein

c.        Pengobatan secara biologis

d.       Pemberantasan serangga hama

e.       Membuat perangkat elektronik

 

2.       Peran merugikan

a.       penyakit pada tumbuhan

b.       Penyebab penyakit pada hewan

c.        Penyebab penyakit pada manusia

8.

...................................................................

1.       Vaksin

Vaksin memberikan kekebalan secara aktif

Contoh vaksin ;

a.       OPV (Oral Polio Vancine)

b.       Vaksin rabies

c.        Vaksin hepatitis B

d.       Vaksin influenza

e.       Vaksin cacar

f.         Vaksin campak

g.       Vaksin MMR (Measles, Mumps, Rubella), untuk cacar, gondong, campak.

2.       Interferon yaitu protein yang dihasilkan oleh hewan atau sel biakan sebagai respon terhadap infeksi virus atau penginduksi lain dan berfungsi menghambat replikasi virus dalam suatu sel

3.       Kemoterapi antivirus

 

9.

...................................................................

1.       Vaksin yang berasal dari patogen yang telah dimatikan

2.       Vaksin dari patogen yang telah dilemahkan

3.       Vaksin yang berasal dari senyawa patogenik mikroorganisme yang dibuat tidak aktif

10.

...................................................................

1.       Menjaga kebersihan lingkungan

2.       Menjaga kebersihan diri sendiri

3.       Makan-makanan yang sehat dan bergizi

4.       Tidak merokok

5.       Mengikuti seminar tentang bahaya virus

6.       Mengkampanyekan bahaya-bahaya virus

MENGANALISIS DATA

Berikan tanda ceklist pada kolom jawaban yang paling tepat!

NO

PERNYATAAN

BENAR

SALAH

1.

Virus adalah makhluk hidup

 

 

2.

Virus adalah benda mati

 

 

3.

Virus berukuran sangat kecil sehingga hanya dapat dilihat dengan mikroksop elektron

 

 

4.

Virus dapat bereproduksi secara litik dan lisogenik

 

 

5.

Klasifikasi virus berdasarkan inangnya saja

 

 

6.

Peranan virus adalah merugikan saja

 

 

7.

Virus tidak dapat dicegah dengan vaksin

 

 

8.

Konsumsi makanan sehat dapat mencegah virus menjangkit tubuh

 

 

 

KESIMPULAN

Buatlah kesimpulan berdasarkan hasil analisis data yang kalian lakukan dalam bentuk peta konsep atau bentuk uraian atau gambar dengan kreatif!




Selamat Belajar!!!

Berdoa setelah belajar klik di sini




by Ai Rohimah, S.Pd

Guru Biologi SMAN 1 Rancaekek


Sumber :

Aryulina, Diah. dkk. 2007. Biologi 1. Esis. Jakarta. Erlangga.

Pratiwi, D.A. dkk. 2017. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.

Irnaningtiyas. 2016. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.

Safitri, Ririn. 2016. Biologi X. Surakarta. CV Mediatama.

Sri Sayeki, Naniek. 2015. Biologi 1. Jakarta. CV Arya Duta.

Sulistyorini, Ari. 2009. Biologi 1. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Artanti. 2020. Modul Pembelajaran SMA Biologi Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jakarta. Kemendikbud.

Ratna Puspaningsih, Ayuk. dkk. 2021. Buku Panduan Guru IPA. Jakarta. Kemendikbudristek.

Ratna Puspaningsih, Ayuk. dkk. 2021. Buku Panduan Siswa IPA. Jakarta. Kemendikbudristek.




Comments

Popular posts from this blog

LKPD 3 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD 9 SISTEM KOORDINASI