LKPD KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
BIOLOGI
SMA KELAS X
LEMBAR
KEGIATAN PESERTA DIDIK 1
KLASIFIKASI
MAKHLUK HIDUP
TUJUAN
PEMBELAJARAN :
Melalui penerapan
Model Pembelajaran Inquiry Learning
dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dan
metode diskusi, penugasan, tanya jawab,
dan presentasi, peserta didik mampu
1. Menganalisis materi klasifikasi makhluk hidup dalam bentuk peta konsep/uraian dengan mandiri
2. Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk
hidup dalam lima kingdom dalam bentuk tabel/skema/uraian/gambar dengan gotong
royong
3. Melakukan identifikasi pada tumbuhan dan hewan menggunakan kunci determinasi yaitu sistem kunci dikotom dengan bernalar kritis
4. Menyusun kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan bernalar kritis
sehingga peserta
didik mampu beriman, bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong
royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, serta dapat mengembangkan
kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi,
berkolaborasi, berkreasi (4C).
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Berdoa dulu sebelum belajar ya ... klik di sini
Isi asesmen diagnostik non kognitif (Keberminatan dan Gaya Belajar) klik di sini
Mood Booster dulu yuk! Klik di sini
KEGIATAN 1
FENOMENA
Klik di sini
KEPUTUSAN
KEPALA BADAN STANDAR,
KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN
KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN,
RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR 032/H/KR/2024 TENTANG
CAPAIAN PEMBELAJARAN PADA
PENDIDIKAN ANAK USIA DINI,
JENJANG PENDIDIKAN DASAR,
DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH
PADA KURIKULUM MERDEKA
CAPAIAN PEMBELAJARAN
MATA PELAJARAN IPA (BIOLOGI-FISIKA-KIMIA) FASE E KELAS X SMA/MA/PAKET C
Pada akhir Fase E, peserta didik memiliki kemampuan untuk memahami sistem pengukuran, energi alternatif, ekosistem, bioteknologi, keanekaragaman hayati, struktur atom, reaksi kimia, hukum-hukum dasar kimia, dan perubahan iklim sehingga responsif dan dapat berperan aktif dalam menyelesaikan masalah pada isu-isu lokal dan global. Semua upaya tersebut diarahkan pada pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).
OBSERVASI
Berdasarkan surat keputusan kemendikbudristek Sesuai Surat Keptusan Kemendikbudristek nomor 032/H/KR/2024 tentang Capaian Pembelajaran Biologi Fase E/Kelas 10 di atas, materi biologi apa saja yang harus kalian pelajari di kelas 10? Tuliskan!
MERUMUSKAN MASALAH
Tuliskan rumusan masalah dari materi biologi yang harus kalian capai di kelas 10 dengan menggunakan rumus (5W 1H)
MENGAJUKAN HIPOTESIS
Tuliskan hipotesis dari rumusan masalah yang kamu tuliskan!
MENGUMPULKAN DATA
Untuk mencapai Capaian Pembelajaran Biologi Kelas 10 Fase E
Visi belajar
biologi |
|
Misi belajar
biologi |
|
Jumlah buku tulis
yang akan digunakan dalam pembelajaran biologi |
|
Membuat ciri
khas buku tulis yang akan digunakan menggunakan “Tata Nama Biologi” menggunakan
“Bionomial Nomenclature” |
|
MENGANALISIS DATA
Untuk mencapai Capaian Pembelajaran Biologi Kelas 10 Fase E
1. Apa visi belajar biologi kamu?
2. Bagaimana cara mencapai visi tersebut?
3. Berapa jumlah buku tulis yang diperlukan?
4. Sampul apa yang diperlukan untuk membungkus buku tulis?
5. Nama ilmiah hewan dan tumbuhan apa yang kamu pilih untuk ciri khas buku
tulismu?
KESIMPULAN
Tuliskan kesimpulan cara belajar biologi untuk mencapai Capaian Pembelajaran mata pelajaran biologi berdasarkan surat keputusan kemendikbudristek nomor 032/H/KR/2024 dengan membuat Kesepakatan Belajar Biologi di Kelasmu, dalam bentuk flyer yang disematkan di grup whatsapp Biologi kelas masing-masing!
Isilah umpan balik pembelajaran hari ini (MEMBUAT KESEPAKATAN KELAS) pada link berikut!
10.C klik di sini
10 D klik di sini
10 E klik di sini
10 F klik di sini
10 G klik di sini
10 H klik di sini
Jangan lupa berdoa setelah belajar ya ..., klik di sini
KEGIATAN 2
Berdoa dulu sebelum belajar ya ... klik di sini
Isi asesmen diagnostik kognitif (Materi prasyarat) klik di sini
Mood booster dulu yu... Klik di sini
Sebelum mempelajari Klasifikasi Makhluk Hidup, kalian harus terlebih dahulu mengenai biologi sebagai ilmu
FENOMENA
BIOLOGI SEBAGAI ILMU
Klik di sini
OBSERVASI
Pembelajaran biologi tidak terlepas dari praktik di laboratorium maupun di
lingkungan. Diperlukan pengetahuan tentang laboratorium biologi sebelum kalian melakukan pembelajaran di laboratorium biologi.
Adapun
pengetahuan yang harus kalian miliki sebelum melakukan
pembelajaran di laboratorium adalah :
1.
Tata tertib kerja
di laboratorium biologi
2.
Bahan dan Simbol
bahan kimia berbahaya
3.
Alat-alat
laboratorium biologi
4. Bagian-bagian dan fungsi mikroskop
Amatilah gambar berikut!
Gambar 1 Gambar 1 |
|
Gambar 2 |
Gambar 3 |
Gambar 4 |
Gambar 5 |
MERUMUSKAN MASALAH
Tuliskan rumusan masalah
dari gambar di atas dengan menggunakan rumus (5W 1H)!
MENGAJUKAN HIPOTESIS
Tuliskan
hipotesis dari rumusan masalah yang kamu tuliskan!
MENGUMPULKAN DATA
|
Nama |
Keterangan |
Gambar 1 |
|
Jelaskan : |
Gambar 2 |
|
Jelaskan : |
Gambar 3 |
|
Fungsi : |
Gambar 4 |
|
Fungsi : |
Gambar 5 |
|
Fungsi : |
1. Mengapa diperlukan tata tertib kerja di laboratorium biologi!
2. Mengapa kalian harus memahami simbol kimia berbahaya saat bekerja di
laboratorium Biologi?
3. Mengapa kalian harus mengenal dan memahami fungsi alat-alat di
laboratorium Biologi?
4. Mengapa kalian harus mengenal dan memahami fungsi bagian-bagian
mikroskop?
KESIMPULAN
..............................................................................................................................................................................................................................
..............................................................................................................................................................................................................................
.............................................................................................................................................................................................................................
Kerjakan Latihan Soal Biologi sebagai Ilmu dan Laboratorium Biologi (asesmen formatif) berikut!
10.C klik di sini
10 D klik di sini
10 E klik di sini
10 F klik di sini
10 G klik di sini
10 H klik di sini
Isilah umpan balik pembelajaran hari ini (Mengunjungi Laboratorium Biologi SMAN 1 Rancaekek)
10 C klik di sini
10 D klik
10 E klik
10 F klik
10 G klik
10 H klik
Jangan lupa berdoa setelah belajar ya ..., klik di sini
KEGIATAN 3
Mood Booster dulu yuk! Klik di sini
Kerangka Materi KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP Klik di sini
FENOMENA
Berbagai macam sayuran dan buah-buahan di pasar
https://id.pngtree.com/freebackground/fresh-vegetables-sold-in-the-vegetable-market_1714881.html
OBSERVASI
Observasilah video di atas, kemudian kaitkan dengan pengelompokkan sayuran dan buah-buahan yang ada di pasar
MERUMUSKAN MASALAH
Tuliskan rumusan masalah dari video di atas dengan menggunakan rumus (5W 1H)!
MENGAJUKAN HIPOTESIS
Tuliskan hipotesis dari rumusan masalah yang kamu tuliskan!
MENGUMPULKAN DATA
Kumpulkan data dengan memberi sub judul kajian berdasaarkan video di atas, sesuai kolom materi!
KAJIAN |
MATERI |
........................................................... |
Menyederhanakan objek studi Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup antarjenis
sehingga mudah dikenali Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya Mengetahui kekerabatan antarmakhluk hidup Mengetahui tiingkat evolusi makhluk hidup berdasarkan
kekerabatannya |
........................................................... |
Memudahkan dalam mempelajari makhluk hidup yang
beranekaragam dan dapat digunakan untuk melihat kekerabatan antara makhluk
hidup yang satu dan yang lainnya |
........................................................... |
Persamaan dan perbedaan ciri: -Morfologi -Fisiologi -Anatomi |
........................................................... |
Kelompok makhkuk hidup yang terbentuk dari hasil
pengklasifikasian |
........................................................... |
Tumbuhann dan hewan masing-masing mempunyai nama ilmiah
yang bersifat universal dan berlaku di seluruh dunia. |
........................................................... |
|
........................................................... |
-Sistem klasifikasi alami -Sistem klasifikasi buatan (artificial) -Sistem klasifikasi filogenetik -Sistem klasifikasi modern |
........................................................... |
-Sistem dua kingdom oleh Aristoteles tahun 1735 -Sistem tiga kingdom oleh Ernest Haeckel tahun 1866 -Sistem empat kingdom oleh Herbert Copeland tahun 1956 -Sistem lima kingdom oleh Robert Whittaker tahun 1969 -Sistem enam kingdom oleh Carl Wooses tahun 1977 -Sistem delapan kingdom oleh Thomas Cavalier – Smith
tahun 1993 |
........................................................... |
Kunci determinasi adalah keterangan-keterangan yang
disusun untuk menentukan kelompok-kelompok suatu makhluk hidup berdasarkan
ciri-ciri yang dimilikinya. Kunci determinasi yang sederhana dan sering dipakai
adalah sistem sistem dikotom |
MENGANALISIS DATA
1. Klasifikasi adalah ....
2. Ilmu tentang klasifikasi adalah ....
3. Jelaskan perbedaan takson pada hewan dan tumbuhan melalui tabel!
8. Sebutkan 4 aturan tata nama ganda, beserta satu contoh penulisan nama ilmiah makhluk hidup yang benar!
9. Jelaskan tahapann dalam kalsifikasi!
10. Sebutkan 3 sistem klasifiaksi beserta contohnya!
11. Sebutkan klasifikasi lima kingdom!
13. Kalian dapat mengidentifkasi makhluk hidup menggunakan kunci determinasi sistem dikotom berikut!
Kunci dikotom pada Tumbuhan
1a | Tanaman bergetah ... | Ke nomor 8 |
1b | Tanaman tidak bergetah ... | Ke nomor 2 |
2a | Daun berbentuk ginjal atau jantung, bertulang daun menjari. Tepi daun beringgit atau berlekuk merayapp, rumput-rumputan yang mudah berakar ... | Umbeliferae |
2b | Daun tidak berbentuk ginjal atau jantung ... | Ke nomor 3 |
3a | Mempunyai seludang daun yang memeluk batang, kadang-kadang mempunyai selpaut bumbung yang memeluk batang ... | Ke nomor 4 |
3b | Tidak ada seludang daun yang jelas | Ke nomor 8 |
4a | Tulang lateral banyak sekali, lurus, dan sejajar, dan tegak lurus atau bersudut besar dengan ibu tulang daun ... | Ke nomor 5 |
4b | Tulang lateral tidak demikian ... | Ke nomor 5 |
5a | Batang yang berdaun tegak, berputar serupa tangan ... | Zingiberaceae |
5b | Batang tidak demikian ... | Ke nomor 6 |
6a | Batang dengan banyak buku yang berselaput bumbung pipih di dalam ketiak daun ... | Polygonaceae |
6b | Tidak ada selaput bumbung di ketiak daun, seludang terbentuk sendiri oleh tangkai daun ... | Ke nomor 7 |
7a | Bakal buah menumpang (di atas), bunga sedikit atau banyak tersendiri di dalam daun pelindung yang terlipat ... | Commelinaceae |
7b | Bakal buah tidak terlindung di antara pelindung ... | Cannaceae |
8a | Daun berbentuk kupu-kupu membelah dua ... | Caesalpiniaceae |
8b | Daun tidak berbentuk kupu-kupu ... | Ke nomor 9 |
9a | Daun memanjang dengan tulang daun sejajar ... | Ke nomor 10 |
9b | Susunan tulang dau menjari atau menyirip ... | Ke nomor 11 |
10a | Tepi daun berduri tempel ... | Ke nomor 31 |
10b | Tanaman yang tidak berduri, tidak berduri tempel ... | Liliaceae |
Dan seterusnya .... |
Berdasarkan kunci determinasi di atas, tuliskanlah urutan nomor yang menunjukkan ciri :
Umberaliferae : ....
Zingiberaceae : ....
Polygonaceae : ....
Commelinaceae : ...
Cannaceae :
Caesalpiniaceae : ....
Kunci dikotom pada Hewan
1a | Memiliki tulang belakang ... | Ke nomor 2 |
1b | Tidak memiliki tulang belakang ... | Ke nomor 5 |
2a | Memiliki kelenjar susu ... | Kelas Mamalia |
2b | Tidak memiliki kelenjar susu ... | Ke nomor 3 |
3a | Bergerak dengan menggunakan sirip dan bernapas dengan insang ... | Kelas Pisces |
3b | Bergerak tidak menggunakan sirip dan bernapas tidak menggunakan insang ... | Ke nomor 4 |
4a | Tubuh ditutupi oleh sisik yang keras ... | Kelas Reptilia |
4b | Tubuh ditutupi oleh bulu ... | Kelas Aves |
5a | Memiliki cangkang dan berjalan dengan menggunkan perut ... | Filum Gastropoda |
5b | Tidak memiliki cangkang ... | Ke nomor 6 |
6a | Kakinya beruas-ruas ... | Ke nomor 7 |
6b | Tidak berkaki dan tubuhnya beruas-ruas ... | Filum Annelida |
7a | Kaki berjumlah 6 pasang ... | Kelas Insecta |
7b | Kaki berjumlah kurang dari 6 pasang ... | Ke nomor 8 |
Dan seterusnya |
Berdasarkan kunci determinasi di atas, tuliskanlah urutan nomor yang menunjukkan ciri :
Kelas Mamalia : ....
Kelas Pisces : ....
Kelas Reptilia : ....
Kelas Aves : ....
Filum Gastropoda : ....
Filum Annelida : ....
KEGIATAN 4
FENOMENA
Kalian tentu memahami
adanya persamaan maupun perbedaan ciri suatu organisme baik dalam satu jenis
maupun antarjenis. Kalian juga menyadari bahwa beraneka ragam, sehingga sangat
sukar untuk mempelajarinya. Sejak dahulu manusia sudah mengelompokkan makhluk
hidup untuk berbagai kepentingan. Yang paling awal dan sederhana sejak dahulu
makhluk hidup dikelompokkan menjadi kelompok hewan dan kelompok tumbuhan, pengelompokan
tersebut tentu tidak sembarang melainkan berdasarkan kategori salah satunya persamaan
dan perbedaan ciri.
Hingga saat ini terdata
bahwa klasifikasi atau pengelompokan didasarkan pada beberapa kategori,
di antaranya ciri-ciri morfologi, cara reproduksi, manfaat, ciri-ciri kromosom,
kandungan gen dalam kromosom dan kandungan zat biokimia. Contohnya klasifikasi
tumbuhan berdasarkan manfaatnya adalah tumbuhan yang bermanfaat untuk bumbu
dapur di antaranya jahe, kunyit, kencur, serei, bawang putih, bawang merah,
lada, dll.
Pada kegiatan belajar ini, kita akan mengelompokan berbagai macam makhluk hidup ke dalam kelompoknya masing-masing, sesuai dengan persamaan ciri yang dimilikinya. Untuk dapat mengelompokan makhluk hidup, perlu terlebih dahulu memahami ciri-ciri dari setiap kelompoknya.
Klasifikasi adalah suatu cara memilah dan
mengelompokan makhluk hidup dalam golongan atau unit tertentu. Pada tahun 1969
Robert H Whittaker membagi semua makhluk hidup dalam lima golongan yang sekarang
lebih dikenal dengan sistem klasifikasi lima kingdom. Dasar yang digunakan
antara lain ada tidaknya membrane inti sel, penyusun tubuh tersusun atas satu
atau banyak sel, cara memperoleh makanan, dan cara bergerak. Kelima golongan
tersebut adalah Monera, Protista, Fungi, Plantae dan Animalia.
OBSERVASI
Perhatikanlah gambar-gambar makhluk hidup di bawah ini !
|
|
|
|
Escherichia coli |
Paramaecium caudatum |
Rumput laut (Eucheuma cottini) |
Jamur tempe (Rhizopus stoloniferus) |
|
|
|
|
Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) |
Ragi (Saccharomyces cerevisiae) |
Lactobacillus bulgaricus |
Jamur merang (Volvariella volvacea) |
|
|
|
|
Amoeba proteus |
Gajah (Elephas
maximus) |
Padi (Oryza sativa) |
Mangga (Mangifera indica) |
|
|
|
|
Ikan mas (Cyprinus carpio) |
Cacing (Lumbricus terrestris) |
Paku suplir (Adiantum cuneatum) |
Bintang laut (Choriaster
granulatus) |
MERUMUSKAN MASALAH
Tuliskan rumusan masalah dari gambar di atas dengan
menggunakan rumus (5W 1H)!
MENGAJUKAN HIPOTESIS
Tuliskan hipotesis dari rumusan masalah yang kamu tuliskan!
MENGUMPULKAN DATA
Kelompokanlah gambar-gambar makhluk hidup tersebut ke dalam sistem klasifikasi lima kingdom pada tabel di bawah ini!
Tabel Pengelompokan Makhluk Hidup Berdasarkan Sistem Klasifikasi Lima
Kingdom
No |
Klasifikasi Lima Kingdom |
Makhluk Hidup |
1 |
|
|
2 |
|
|
3 |
|
|
4 |
|
|
5 |
|
|
MENGANALISIS DATA
Berdasarkan pengumpulan data yang kalian lakukan pada
tabel di atas, apa saja ciri utama dari :
1.
Hewan (animalia)
2.
Tumbuhan (plantae)
3.
Jamur (fungi)
4.
Protista (alga, Amoeba sp)
5.
Monera (bakteri)
KESIMPULAN
Buatlah kesimpulan
berdasarkan hasil analisis data di
atas dalam bentuk tabel (Tabel Lima Kingdom) yang terdiri dari :
1.
Tipe sel (inti sel)
2.
Struktur sel ( jumlah
sel)
3.
Cara memperoleh
makanan
4.
Ciri-ciri lain :
a.
Ada tidaknya kloroplas
b.
Ada tidaknya dinding
sel
c.
Alat gerak
5.
Contoh makhluk hidup
KEGIATAN 5
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Menyusun kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup
dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan bernalar kritis
FENOMENA
|
|
Kladogram pada Hewan Vertebrata |
Kladogram pada Hewan Reptil |
Kladogram adalah diagram yang menunjukan hubungan
antar makhluk hidup. Kladogram dibuat dengan mengelompokan makhluk hidup
berdasarkan kesamaan ciri yang dimilikinya.
Melalui
klasifikasi, makhluk hidup dikelompokan mulai dari kelompok besar kemudian
dibagi menjadi beberapa kelompok yang lebih kecil. Kelompok kecil ini kemudian
dibagi lagi menjadi kelompok yang lebih kecil. Begitu seterusnya hingga hanya
tersisa satu jenis makhluk hidup. Tiap tingkatan kelompok ini disebut dengan
takson.
Tingkatan Takson Tumbuhan dan Hewan
OBSERVASI
Amatilah gambar
beberapa hewan berikut!
|
|
|
|
MERUMUSKAN MASALAH
Tuliskan rumusan masalah dari gambar di atas dengan menggunakan rumus (5W 1H)!
MENGAJUKAN HIPOTESIS
Tuliskan hipotesis dari rumusan masalah yang kamu tuliskan!
MENGUMPULKAN DATA
Kelompokanlah gambar-gambar makhluk hidup tersebut ke dalam sistem klasifikasi lima kingdom pada tabel di bawah ini!
1.
Buatlah diagram venn
dari tabel perbandingan ciri di atas. Diagram venn dapat memiliki bentuk
seperti berikut ini.
Ciri pembeda 1: nama hewan 1 |
Ciri pembeda 2: nama hewan 2 |
Ciri pembeda 3: nama hewan 3 |
Ciri pembeda 4: nama hewan 4 |
2.
Pilihlah satu jenis
hewan lain sebagai kelompok luar (out group). Hewan yang dipilih tidak boleh memiliki
satu pun ciri yang sama dengan ciri hewan-hewan di atas.
3.
Konversilah diagram
venn tersebut menjadi bentuk kladogram. Contohnya seperti berikut ini.
Ciri pembeda 4 |
Ciri pembeda 3 |
Ciri pembeda 1 |
Ciri pembeda 2 |
outgroup |
Hewan 1 |
Hewan 2 |
Hewan 3 |
Hewan 4 |
4.
Setelah kladogram
selesai, carilah tingkatan takson dari masing-masing hewan yang anda amati!
|
Hewan 1 |
Hewan 2 |
Hewan 3 |
Hewan 4 |
Kingdom |
|
|
|
|
Phylum |
|
|
|
|
Kelas |
|
|
|
|
Ordo |
|
|
|
|
Famili |
|
|
|
|
Gernus |
|
|
|
|
Spesies |
|
|
|
|
5.
Menurut pendapat anda mengapa
kita perlu menyusun kladogram?
6.
Dari hewan-hewan yang
anda amati, adakah yang memiliki tingkatan takson yang sama ? Mengapa kesamaan
takson dapat menjadi gambaran kekerabatan antar hewan tersebut?
7.
Apakah tingkatan
takson yang anda cari menggambarkan pola kekerabatan yang sama dengan yang
ditunjukan oleh kladogram yang anda buat ? jelaskan !
KESIMPULAN
Buatlah kesimpulan
berdasarkan hasil berdasarkan hasil
analisis data yang kalian lakukan!
Berdoa setelah belajar klik di sini
by Ai Rohimah, S.Pd
Guru Biologi SMAN 1 Rancaekek
Sumber :
Aryulina, Diah. dkk. 2007. Biologi 1. Esis. Jakarta. Erlangga.
Pratiwi, D.A. dkk. 2017. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.
Irnaningtiyas. 2016. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.
Safitri, Ririn. 2016. Biologi X. Surakarta. CV Mediatama.
Sri Sayeki, Naniek. 2015. Biologi 1. Jakarta. CV Arya Duta.
Sulistyorini, Ari. 2009. Biologi 1. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.
Artanti. 2020. Modul Pembelajaran SMA Biologi Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jakarta. Kemendikbud.
Ratna Puspaningsih, Ayuk. dkk. 2021. Buku Panduan Guru IPA. Jakarta. Kemendikbudristek.
Ratna Puspaningsih, Ayuk. dkk. 2021. Buku Panduan Siswa IPA. Jakarta. Kemendikbudristek.
https://www.youtube.com/watch?v=EVoL1vMb0rc
Comments
Post a Comment