LKPD KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP


BIOLOGI SMA KELAS X

LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 1

KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

TUJUAN PEMBELAJARAN :

Melalui penerapan Model Pembelajaran Inquiry Learning dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dan metode diskusi, penugasan, tanya jawab, dan presentasi, peserta didik mampu

1.     Menganalisis materi klasifikasi makhluk hidup dalam bentuk peta konsep/uraian dengan mandiri

2. Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom dalam bentuk tabel/skema/uraian/gambar dengan gotong royong

3. Melakukan identifikasi pada tumbuhan dan hewan menggunakan kunci determinasi yaitu sistem kunci dikotom dengan bernalar kritis

4. Menyusun kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan bernalar kritis

sehingga peserta didik mampu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Berdoa dulu sebelum belajar ya ... klik di sini

Isi asesmen diagnostik non kognitif (Keberminatan dan Gaya Belajar) klik di sini

Mood Booster dulu yuk! Klik di sini


KEGIATAN 1


FENOMENA

Klik di sini 


KEPUTUSAN

KEPALA BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN

KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI NOMOR 032/H/KR/2024 TENTANG

CAPAIAN PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI,

JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH

PADA KURIKULUM MERDEKA 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

MATA PELAJARAN IPA (BIOLOGI-FISIKA-KIMIA) FASE E KELAS X SMA/MA/PAKET C

Pada akhir Fase E, peserta didik memiliki kemampuan untuk memahami sistem pengukuran, energi alternatif, ekosistem, bioteknologi, keanekaragaman hayati, struktur atom, reaksi kimia, hukum-hukum dasar kimia, dan perubahan iklim sehingga responsif dan dapat berperan aktif dalam menyelesaikan masalah pada isu-isu lokal dan global. Semua upaya tersebut diarahkan pada pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

OBSERVASI 

Berdasarkan surat keputusan kemendikbudristek Sesuai Surat Keptusan Kemendikbudristek nomor 032/H/KR/2024 tentang Capaian Pembelajaran Biologi Fase E/Kelas 10 di atas, materi biologi apa saja yang harus kalian pelajari di kelas 10? Tuliskan!

MERUMUSKAN MASALAH

Tuliskan rumusan masalah dari materi biologi yang harus kalian capai di kelas 10 dengan menggunakan rumus (5W 1H)

MENGAJUKAN HIPOTESIS

Tuliskan hipotesis dari rumusan masalah yang kamu tuliskan!

MENGUMPULKAN DATA

Untuk mencapai Capaian Pembelajaran Biologi Kelas 10 Fase E

Visi belajar biologi

 

Misi belajar biologi

 

Jumlah buku tulis yang akan digunakan dalam pembelajaran biologi

 

Membuat ciri khas buku tulis yang akan digunakan menggunakan “Tata Nama Biologi” menggunakan “Bionomial Nomenclature”

 

MENGANALISIS DATA

Untuk mencapai Capaian Pembelajaran Biologi Kelas 10 Fase E

1.    Apa visi belajar biologi kamu?

2.   Bagaimana cara mencapai visi tersebut?

3.   Berapa jumlah buku tulis yang diperlukan?

4.   Sampul apa yang diperlukan untuk membungkus buku tulis?

5.   Nama ilmiah hewan dan tumbuhan apa yang kamu pilih untuk ciri khas buku tulismu?

KESIMPULAN

Tuliskan kesimpulan cara belajar biologi untuk mencapai Capaian Pembelajaran mata pelajaran biologi berdasarkan surat keputusan kemendikbudristek nomor 032/H/KR/2024 dengan membuat Kesepakatan Belajar Biologi di Kelasmu, dalam bentuk flyer yang disematkan di grup whatsapp Biologi kelas masing-masing!


Isilah umpan balik pembelajaran hari ini (MEMBUAT KESEPAKATAN KELAS) pada link berikut! 

10.C klik di sini

10 D klik di sini

10 E klik di sini

10 F klik di sini

10 G klik di sini

10 H klik di sini

Jangan lupa berdoa setelah belajar ya ..., klik di sini


KEGIATAN 2

Berdoa dulu sebelum belajar ya ... klik di sini

Isi asesmen diagnostik kognitif (Materi prasyarat) klik di sini

Mood booster dulu yu... Klik di sini

Sebelum mempelajari Klasifikasi Makhluk Hidup, kalian harus terlebih dahulu mengenai biologi sebagai ilmu


FENOMENA

BIOLOGI SEBAGAI ILMU

Klik di sini


OBSERVASI 

Pembelajaran biologi tidak terlepas dari praktik di laboratorium maupun di lingkungan. Diperlukan pengetahuan tentang laboratorium biologi sebelum kalian melakukan pembelajaran di laboratorium biologi.

Adapun pengetahuan yang harus kalian miliki sebelum melakukan pembelajaran di laboratorium adalah :

1.    Tata tertib kerja di laboratorium biologi

2.   Bahan dan Simbol bahan kimia berbahaya

3.   Alat-alat laboratorium biologi

4.   Bagian-bagian dan fungsi mikroskop

Amatilah gambar berikut! 

Gambar 1

Gambar 1

  

Gambar 2



Gambar 3

 


 
Gambar 4

 


 
Gambar 5

 

MERUMUSKAN MASALAH

Tuliskan rumusan masalah dari gambar di atas dengan menggunakan rumus (5W 1H)!


MENGAJUKAN HIPOTESIS

Tuliskan hipotesis dari rumusan masalah yang kamu tuliskan!

MENGUMPULKAN DATA

 

Nama

Keterangan

Gambar 1

 

 Jelaskan :

Gambar 2

 

 Jelaskan :

Gambar 3        

 

 Fungsi :

Gambar 4

 

 Fungsi :

Gambar 5

 

 Fungsi :


MENGANALISIS DATA

1.    Mengapa diperlukan tata tertib kerja di laboratorium biologi!

2.   Mengapa kalian harus memahami simbol kimia berbahaya saat bekerja di laboratorium Biologi?

3.   Mengapa kalian harus mengenal dan memahami fungsi alat-alat di laboratorium Biologi?

4.   Mengapa kalian harus mengenal dan memahami fungsi bagian-bagian mikroskop?

KESIMPULAN

..............................................................................................................................................................................................................................

..............................................................................................................................................................................................................................

.............................................................................................................................................................................................................................

Kerjakan Latihan Soal Biologi sebagai Ilmu dan Laboratorium Biologi (asesmen formatif) berikut! 

10.C klik di sini

10 D klik di sini

10 E klik di sini

10 F klik di sini

10 G klik di sini

10 H klik  di sini


Isilah umpan balik pembelajaran hari ini (Mengunjungi Laboratorium Biologi SMAN 1 Rancaekek)

10 C klik di sini

10 D klik 

10 E klik 

10 F klik

10 G klik

10 H klik 

Jangan lupa berdoa setelah belajar ya ..., klik di sini


KEGIATAN 3

Mood Booster dulu yuk! Klik di sini

Kerangka Materi KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP Klik di sini 


FENOMENA

Berbagai macam sayuran dan buah-buahan di pasar

https://lifestyle.okezone.com/read/2016/08/18/298/1466568/sayuran-buah-grade-a-sampai-c-ada-di-pasar-tradisional 

https://id.pngtree.com/freebackground/fresh-vegetables-sold-in-the-vegetable-market_1714881.html

OBSERVASI


Observasilah video di atas, kemudian kaitkan dengan pengelompokkan sayuran dan buah-buahan yang ada di pasar


MERUMUSKAN MASALAH

Tuliskan rumusan masalah dari video di atas dengan menggunakan rumus (5W 1H)!

 

MENGAJUKAN HIPOTESIS

Tuliskan hipotesis dari rumusan masalah yang kamu tuliskan!


MENGUMPULKAN DATA

Kumpulkan data dengan memberi sub judul kajian berdasaarkan video di atas, sesuai kolom materi! 

KAJIAN

MATERI



...........................................................

Menyederhanakan objek studi

Mendeskripsikan ciri-ciri makhluk hidup antarjenis sehingga mudah dikenali

Mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan ciri-cirinya

Mengetahui kekerabatan antarmakhluk hidup

Mengetahui tiingkat evolusi makhluk hidup berdasarkan kekerabatannya


...........................................................

Memudahkan dalam mempelajari makhluk hidup yang beranekaragam dan dapat digunakan untuk melihat kekerabatan antara makhluk hidup yang satu dan yang lainnya



...........................................................


Persamaan dan perbedaan ciri:

-Morfologi

-Fisiologi

-Anatomi

...........................................................

Kelompok makhkuk hidup yang terbentuk dari hasil pengklasifikasian

...........................................................

Tumbuhann dan hewan masing-masing mempunyai nama ilmiah yang bersifat universal dan berlaku di seluruh dunia.

...........................................................

 



...........................................................

-Sistem klasifikasi alami

-Sistem klasifikasi buatan (artificial)

-Sistem klasifikasi filogenetik

-Sistem klasifikasi modern



...........................................................

-Sistem dua kingdom oleh Aristoteles tahun 1735

-Sistem tiga kingdom oleh Ernest Haeckel tahun 1866

-Sistem empat kingdom oleh Herbert Copeland tahun 1956

-Sistem lima kingdom oleh Robert Whittaker tahun 1969

-Sistem enam kingdom oleh Carl Wooses tahun 1977

-Sistem delapan kingdom oleh Thomas Cavalier – Smith tahun 1993


...........................................................


Kunci determinasi adalah keterangan-keterangan yang disusun untuk menentukan kelompok-kelompok suatu makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya.

Kunci determinasi yang sederhana dan sering dipakai adalah sistem sistem dikotom

MENGANALISIS DATA

1. Klasifikasi adalah ....

2. Ilmu tentang klasifikasi adalah ....

3. Jelaskan perbedaan takson pada hewan dan tumbuhan melalui tabel!

8. Sebutkan 4 aturan tata nama ganda, beserta satu contoh penulisan nama ilmiah makhluk hidup yang benar!

9. Jelaskan tahapann dalam kalsifikasi!

10. Sebutkan 3 sistem klasifiaksi beserta contohnya!

11. Sebutkan klasifikasi lima kingdom!

13. Kalian dapat mengidentifkasi makhluk hidup menggunakan kunci determinasi sistem dikotom berikut!

Kunci dikotom pada Tumbuhan

1a

Tanaman bergetah ...

Ke nomor 8

1b

Tanaman tidak bergetah ...

Ke nomor 2

2a

Daun berbentuk ginjal atau jantung, bertulang daun menjari. Tepi daun beringgit atau berlekuk merayapp, rumput-rumputan yang mudah berakar ...

Umbeliferae

2b

Daun tidak berbentuk ginjal atau jantung ...

Ke nomor 3

3a

Mempunyai seludang daun yang memeluk batang, kadang-kadang mempunyai selpaut bumbung yang memeluk batang ...

Ke nomor 4

3b

Tidak ada seludang daun yang jelas

Ke nomor 8

4a

Tulang lateral banyak sekali, lurus, dan sejajar, dan tegak lurus atau bersudut besar dengan ibu tulang daun ...

Ke nomor 5

4b

Tulang lateral tidak demikian ...

Ke nomor 5

5a

Batang yang berdaun tegak, berputar serupa tangan ...

Zingiberaceae

5b

Batang tidak demikian ...

Ke nomor 6

6a

Batang dengan banyak buku yang berselaput bumbung pipih di dalam ketiak daun ...

Polygonaceae

6b

Tidak ada selaput bumbung di ketiak daun, seludang terbentuk sendiri oleh tangkai daun ...

Ke nomor 7

7a

Bakal buah menumpang (di atas), bunga sedikit atau banyak tersendiri di dalam daun pelindung yang terlipat ...

Commelinaceae

7b

Bakal buah tidak terlindung di antara pelindung ...

Cannaceae

8a

Daun berbentuk kupu-kupu membelah dua ...

Caesalpiniaceae

8b

Daun tidak berbentuk kupu-kupu ...

Ke nomor 9

9a

Daun memanjang dengan tulang daun sejajar ...

Ke nomor 10

9b

Susunan tulang dau menjari atau menyirip ...

Ke nomor 11

10a

Tepi daun berduri tempel ...

Ke nomor 31

10b

Tanaman yang tidak berduri, tidak berduri tempel ...

Liliaceae

 

Dan seterusnya ....

 

 

Berdasarkan kunci determinasi di atas, tuliskanlah urutan nomor yang menunjukkan ciri :

Umberaliferae : ....

Zingiberaceae : ....

Polygonaceae : ....

Commelinaceae : ...

Cannaceae :

Caesalpiniaceae : ....

Kunci dikotom pada Hewan

1a

Memiliki tulang belakang ...

Ke nomor 2

1b

Tidak memiliki tulang belakang ...

Ke nomor 5

2a

Memiliki kelenjar susu ...

Kelas Mamalia

2b

Tidak memiliki kelenjar susu ...

Ke nomor 3

3a

Bergerak dengan menggunakan sirip dan bernapas dengan insang ...

Kelas Pisces

3b

Bergerak tidak menggunakan sirip dan bernapas tidak menggunakan insang ...

Ke nomor 4

4a

Tubuh ditutupi oleh sisik yang keras ...

Kelas Reptilia

4b

Tubuh ditutupi oleh bulu ...

Kelas Aves

5a

Memiliki cangkang dan berjalan dengan menggunkan perut ...

Filum Gastropoda

5b

Tidak memiliki cangkang ...

Ke nomor 6

6a

Kakinya beruas-ruas ...

Ke nomor 7

6b

Tidak berkaki dan tubuhnya beruas-ruas ...

Filum Annelida

7a

Kaki berjumlah 6 pasang ...

Kelas Insecta

7b

Kaki berjumlah kurang dari 6 pasang ...

Ke nomor 8

 

Dan seterusnya

 

Berdasarkan kunci determinasi di atas, tuliskanlah urutan nomor yang menunjukkan ciri :

Kelas Mamalia : ....

Kelas Pisces : ....

Kelas Reptilia : ....

Kelas Aves : ....

Filum Gastropoda : ....

Filum Annelida : ....


KESIMPULAN

Buatlah kesimpulan berdasarkan hasil analisis data yang kalian lakukan dalam bentuk peta konsep  atau  bentuk uraian pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup dengan bernalar kritis!





KEGIATAN 4

                                                               

FENOMENA

Kalian tentu memahami adanya persamaan maupun perbedaan ciri suatu organisme baik dalam satu jenis maupun antarjenis. Kalian juga menyadari bahwa beraneka ragam, sehingga sangat sukar untuk mempelajarinya. Sejak dahulu manusia sudah mengelompokkan makhluk hidup untuk berbagai kepentingan. Yang paling awal dan sederhana sejak dahulu makhluk hidup dikelompokkan menjadi kelompok hewan dan kelompok tumbuhan, pengelompokan tersebut tentu tidak sembarang melainkan berdasarkan kategori salah satunya persamaan dan perbedaan ciri.

Hingga saat ini terdata bahwa klasifikasi atau pengelompokan didasarkan pada beberapa kategori, di antaranya ciri-ciri morfologi, cara reproduksi, manfaat, ciri-ciri kromosom, kandungan gen dalam kromosom dan kandungan zat biokimia. Contohnya klasifikasi tumbuhan berdasarkan manfaatnya adalah tumbuhan yang bermanfaat untuk bumbu dapur di antaranya jahe, kunyit, kencur, serei, bawang putih, bawang merah, lada, dll. 

Pada kegiatan belajar ini, kita akan mengelompokan berbagai macam makhluk hidup ke dalam kelompoknya masing-masing, sesuai dengan persamaan ciri yang dimilikinya. Untuk dapat mengelompokan makhluk hidup, perlu terlebih dahulu memahami ciri-ciri dari setiap kelompoknya.

Klasifikasi adalah suatu cara memilah dan mengelompokan makhluk hidup dalam golongan atau unit tertentu. Pada tahun 1969 Robert H Whittaker membagi semua makhluk hidup dalam lima golongan yang sekarang lebih dikenal dengan sistem klasifikasi lima kingdom. Dasar yang digunakan antara lain ada tidaknya membrane inti sel, penyusun tubuh tersusun atas satu atau banyak sel, cara memperoleh makanan, dan cara bergerak. Kelima golongan tersebut adalah Monera, Protista, Fungi, Plantae dan Animalia.

 

OBSERVASI

Perhatikanlah gambar-gambar makhluk hidup di bawah ini !

Escherichia coli

Paramaecium caudatum

Rumput laut (Eucheuma cottini)

Jamur tempe (Rhizopus stoloniferus)

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus)

Ragi (Saccharomyces cerevisiae)

Lactobacillus bulgaricus

Jamur merang (Volvariella volvacea)

Amoeba proteus

Gajah (Elephas maximus)

Padi (Oryza sativa)

Mangga (Mangifera indica)

Ikan mas (Cyprinus carpio)

Cacing (Lumbricus terrestris)

Paku suplir

(Adiantum cuneatum)

Bintang laut (Choriaster granulatus)

 

MERUMUSKAN MASALAH

Tuliskan rumusan masalah dari gambar di atas dengan menggunakan rumus (5W 1H)!

 

MENGAJUKAN HIPOTESIS

Tuliskan hipotesis dari rumusan masalah yang kamu tuliskan!


MENGUMPULKAN DATA

Kelompokanlah gambar-gambar makhluk hidup tersebut ke dalam sistem klasifikasi lima kingdom pada tabel di bawah ini!

 

Tabel Pengelompokan Makhluk Hidup Berdasarkan Sistem Klasifikasi Lima Kingdom

No

Klasifikasi Lima Kingdom

Makhluk Hidup

1

 

 

 

 

 

 

2

 

 

 

 

 

 

3

 

 

 

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

5

 

 

 

 

 

 


MENGANALISIS DATA

Berdasarkan pengumpulan data yang kalian lakukan pada tabel di atas, apa saja ciri utama dari :

1.    Hewan (animalia)

2.   Tumbuhan (plantae)

3.   Jamur (fungi)

4.   Protista (alga, Amoeba sp)

5.   Monera (bakteri)

 

KESIMPULAN

Buatlah kesimpulan berdasarkan hasil analisis data di atas dalam bentuk tabel (Tabel Lima Kingdom) yang terdiri dari :

1.    Tipe sel (inti sel)

2.   Struktur sel ( jumlah sel)

3.   Cara memperoleh makanan

4.   Ciri-ciri lain :

a.    Ada tidaknya kloroplas

b.   Ada tidaknya dinding sel

c.    Alat gerak

5.   Contoh makhluk hidup



KEGIATAN 5

TUJUAN PEMBELAJARAN :

Menyusun kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan bernalar kritis

         

FENOMENA

 

Kladogram pada Hewan Vertebrata

Kladogram pada Hewan Reptil

 

 

Kladogram adalah diagram yang menunjukan hubungan antar makhluk hidup. Kladogram dibuat dengan mengelompokan makhluk hidup berdasarkan kesamaan ciri yang dimilikinya.

 

Melalui klasifikasi, makhluk hidup dikelompokan mulai dari kelompok besar kemudian dibagi menjadi beberapa kelompok yang lebih kecil. Kelompok kecil ini kemudian dibagi lagi menjadi kelompok yang lebih kecil. Begitu seterusnya hingga hanya tersisa satu jenis makhluk hidup. Tiap tingkatan kelompok ini disebut dengan takson.

 

Tingkatan Takson Tumbuhan dan Hewan

 

 

OBSERVASI

 

Amatilah gambar beberapa hewan berikut!

 

 

 

MERUMUSKAN MASALAH

Tuliskan rumusan masalah dari gambar di atas dengan menggunakan rumus (5W 1H)!

 

MENGAJUKAN HIPOTESIS

Tuliskan hipotesis dari rumusan masalah yang kamu tuliskan!


MENGUMPULKAN DATA

Kelompokanlah gambar-gambar makhluk hidup tersebut ke dalam sistem klasifikasi lima kingdom pada tabel di bawah ini!

 

1.    Buatlah diagram venn dari tabel perbandingan ciri di atas. Diagram venn dapat memiliki bentuk seperti berikut ini.

 

Ciri pembeda 1: nama hewan 1

Ciri pembeda 2: nama hewan 2

Ciri pembeda 3: nama hewan 3

Ciri pembeda 4: nama hewan 4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


2.   Pilihlah satu jenis hewan lain sebagai kelompok luar (out group). Hewan yang dipilih tidak boleh memiliki satu pun ciri yang sama dengan ciri hewan-hewan di atas.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.   Konversilah diagram venn tersebut menjadi bentuk kladogram. Contohnya seperti berikut ini.

Ciri pembeda 4

Ciri pembeda 3

Ciri pembeda 1

Ciri pembeda 2

outgroup

Hewan 1

Hewan 2

Hewan 3

Hewan 4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


4.   Setelah kladogram selesai, carilah tingkatan takson dari masing-masing hewan yang anda amati!

 

 

Hewan 1

Hewan 2

Hewan 3

Hewan 4

Kingdom

 

 

 

 

Phylum

 

 

 

 

Kelas

 

 

 

 

Ordo

 

 

 

 

Famili

 

 

 

 

Gernus

 

 

 

 

Spesies

 

 

 

 

 

 

5.   Menurut pendapat anda mengapa kita perlu menyusun kladogram?

6.   Dari hewan-hewan yang anda amati, adakah yang memiliki tingkatan takson yang sama ? Mengapa kesamaan takson dapat menjadi gambaran kekerabatan antar hewan tersebut?

7.    Apakah tingkatan takson yang anda cari menggambarkan pola kekerabatan yang sama dengan yang ditunjukan oleh kladogram yang anda buat ? jelaskan !

 

 

 

KESIMPULAN

 

Buatlah kesimpulan berdasarkan hasil berdasarkan hasil analisis data yang kalian lakukan!

Berdoa setelah belajar klik di sini



Selamat Belajar!!!


by Ai Rohimah, S.Pd

Guru Biologi SMAN 1 Rancaekek


Sumber :

Aryulina, Diah. dkk. 2007. Biologi 1. Esis. Jakarta. Erlangga.

Pratiwi, D.A. dkk. 2017. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.

Irnaningtiyas. 2016. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.

Safitri, Ririn. 2016. Biologi X. Surakarta. CV Mediatama.

Sri Sayeki, Naniek. 2015. Biologi 1. Jakarta. CV Arya Duta.

Sulistyorini, Ari. 2009. Biologi 1. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Artanti. 2020. Modul Pembelajaran SMA Biologi Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jakarta. Kemendikbud.

Ratna Puspaningsih, Ayuk. dkk. 2021. Buku Panduan Guru IPA. Jakarta. Kemendikbudristek.

Ratna Puspaningsih, Ayuk. dkk. 2021. Buku Panduan Siswa IPA. Jakarta. Kemendikbudristek.

https://www.youtube.com/watch?v=EVoL1vMb0rc

Comments

Popular posts from this blog

LKPD 3 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD 9 SISTEM KOORDINASI