Kerangka Materi Protista


Materi Biologi SMA Kelas X Fase E


PROTISTA


TUJUAN PEMBELAJARAN

Mengelompokkan protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan dalam bentuk peta konsep (mind mapping)/tabel/uraian dengan kreatif


A.      PENGERTIAN

Protista berasal dari bahasa Yunani, protos = pertama artinya orgenisme eukariot pertama atau paling sederhana.

Acritarch diduga sebagai fosil tertua fosil protista yang hidup pada jaman prakambrium, berumur sekitar 2,1 milyar tahun, fosil tersebut mengandung kulit sista (kulit pelindung) yang mirip dengan kulit sista yang dibentuk protista saat ini.

B.      CIRI-CIRI

1.       Eukariotik (memiliki membran inti sel)

2.       Uniseluler (ada yang soliter, ada juga yang berkoloni) dan multiseluler

3.       Anaerobik atau aerobik

4.       Fotoautotrof atau heterotrof

5.       Hidup di berbagai habitat yang mengandung air atau hidup bebas di tanah, sampah, tumpukan dedaunan, air tawar, air laut, endapan lumpur, pasir maupun di batu, ada juga yang hidup bersimbiosis dalam tubuh organisme lain secara parasit atau mutualisme.

6.       Merupakan organisme penyusun plankton (fitoplankton dan zooplankton)

C.      KLASIFIKASI

1.       Protista menyerupai hewan (protozoa)

Berdasarkan alat geraknya:

a.       Ciliata/Ciliophora/Infusoria

b.      Rhizhopoda/Sarcodina

c.       Flagellata/Mastigophora

d.      Sporozoa/Apicomplexa

2.       Protista menyerupai tumbuhan (alga)

Berdasarkan pigmen yang dikandungnya;

a.       Euglenoid (euglenophyta)

b.      Chrysophyta (ganggang keemasan)

c.       Pyrrophyta (ganggang api)

d.      Chlorophyta (ganggang hijau)

e.      Phaephyta (ganggang cokelat)

f.        Rhodophyta (ganggang merah)

3.       Protista menyerupai jamur

a.       Jamur lendir plasmodial/myxomycota

b.      Jamur lendir seluler/acrasiomycota

c.       Jamur air /oomycota 

D.      PERANAN

1.  Menguntungkan, protozoa sebagai pengontrol jumlah bakteri, foraminifera sebagai indikator sumber daya minyak, gas alam, mineral, radiolaria sebagai bahan penggosok, ganggang sebagai sumber makanan, pengetal, pembuatan agar-agar, dll.

2.       Merugikan, penyebab penyakit pada manusia, tumbuhan maupun hewan, dll.

 

                    by Ai Rohimah, S.Pd

                                                            Guru Biologi SMAN 1 Rancaekek

 

Sumber :

Aryulina, Diah. dkk. 2007. Biologi 1. Esis. Jakarta. Erlangga.

Pratiwi, D.A. dkk. 2017. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.

Irnaningtiyas. 2016. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.

Safitri, Ririn. 2016. Biologi X. Surakarta. CV Mediatama.

Sri Sayeki, Naniek. 2015. Biologi 1. Jakarta. CV Arya Duta.

 Pujiyanto, Sri. Siti Ferniah, Rejeki. 2016. Menjelajahi Dunia Biologi 1. Solo. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Artanti. 2020. Modul Pembelajaran SMA Biologi Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jakarta. Kemendikbud.

Ratna Puspaningsih, Ayuk. dkk. 2021. Buku Panduan Guru IPA. Jakarta. Kemendikbudristek.

Ratna Puspaningsih, Ayuk. dkk. 2021. Buku Panduan Siswa IPA. Jakarta. Kemendikbudristek.

Comments

Popular posts from this blog

LKPD 3 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD 9 SISTEM KOORDINASI