KERANGKA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP



 

MATERI BIOLOGI SMA KELAS X

KURIKULUM MERDEKA NASIONAL


KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP


TUJUAN PEMBELAJARAN :

Melalui penerapan Model Pembelajaran Inquiry Learning dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dan metode diskusi, penugasan, tanya jawab, dan presentasi, peserta didik mampu

1.     Menganalisis materi klasifikasi makhluk hidup dalam bentuk peta konsep/uraian dengan mandiri

2. Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom dalam bentuk tabel/skema/uraian/gambar dengan gotong royong

3. Melakukan identifikasi pada tumbuhan dan hewan menggunakan kunci determinasi yaitu sistem kunci dikotom dengan bernalar kritis

4. Menyusun kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan bernalar kritis

sehingga peserta didik mampu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).

 

A.      PENGERTIAN

Ø  Klasifikasi adalah suatu cara pengelompokan makhluk hidup secara sistematis dan bertahap berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri-ciri yang dimiliki.

Ø  Cabang ilmu tentang pengelompokan makhluk hidup adalah taksonomi.

Ø  Pertama kali dipelopori oleh Caralus Linnaeus yaitu pengelompokan berdasarkan persamaan ciri dan pemberian nama dengan sistem tata nama ganda.

 

B.      TUJUAN KLASIFIKASI

Untuk menyederhanakan objek studi yang membantu dalam mengenali atau mempelajari makhluk hidup yang begitu banyak dan beranekaragam sifat serta ciri-cirinya.

 

C.      MANFAAT KLASIFIKASI

1.       Mengetahui keanekaragamam hayati

2.       Mengenal berbagai spesies/jenis makhluk hidup yang berguna untuk berbagai kepentingan manusia.

3.       Untuk dipelajari agar dapat melestarikan keanekaragaman hayati di masa mendatang

4.  Untuk kepentingan lebih lanjut sehingga makhluk hidup yang telah dikenal melalui klasifikasi dapat dimanfaatkan.

 

D.      DASAR-DASAR KLASIFIKASI

1.       Ciri-ciri morfologi

2.       Cara reproduksi

3.       Manfaat

4.       Ciri-ciri kromosom

5.       Kandungan gen dalam kromosom

6.       Kandungan zat biokimia

 

E.       SISTEM/PROSES KLASIFIKASI

1.       Klasifikasi sistem alamiah

2.       Klasifikasi sistem artifisial

3.       Klasifikasi sistem filogenetik

4.       Klasifikasi sistem modern

 

F.       TINGKATAN TAKSON DALAM KLASIFIKASI

 

Hewan

Tumbuhan

Kingdom/kerajaan

Regnum/dunia

Phylum/filum

Divisio/divisi

Classis/kelas

Classis/kelas

Ordo/bangsa

Ordo/bangsa

Familia/famili/suku

Familia/famili/suku

Genus/marga

Genus/marga

Species/spesies/jenis

Species/spesies/jenis

 

G.     SISTEM TATA NAMA MAKHLUK HIDUP

Kaidah/aturan binomial nomenklatur;

1.       Menggunakan bahasa latin atau bahasa lain yang dilatinkan.

2.       Terdiri atas dua kata, kata pertama menunjukkan genus, kata kedua menunjukkkan spesies.

3.       Huruf pertama pada kata pertama ditulis dengan menggunakan huruf besar dan hurif selanjutnya huruf kecil.

4.       Nama genus dan spesies dicetak miring/italic atau digarisbawahi secara terpisah.

5.    Nama atau singkatan nama deskriptor/penemu dapat ditulis dibelakang nama spesies dengan huruf tegak dan tanpa garis bawah.

 

H.     PERKEMBANGAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

1.       Sistem dua kingdom

2.       Sistem tiga kingdom

3.       Sistem empat kingdom

4.       Sistem lima kingdom

5.       Sistem enam kingdom

6.       Sistem delapan kingdom

7.       Sistem tiga domain

 

I.        IDENTIFIKASI MAKHLUK HIDUP

Kegiatan identifikasi diawali dengan mengamati ciri-cirinya, kemudian mencari persamaan maupun perbedaannya dengan cara membandingkan dengan organisme acuan yang sudah diketahui sebelumnya.

 

J.        KUNCI DETERMINASI

Ø  Adalah daftar yang memuat sejumlah keterangan suatu makhluk hidup yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi dan menentukan kelompok makhluk hidup berdasarkan ciri-ciri yang dimilikinya.

Ø  Setiap langkah dalam kunci determinasi disusun berdasarkan ciri-ciri organisme yang merupakan bentuk alternatif/berlawanan sehingga disebut kunci dikotom.

Ø  Kunci dikotom pertama kali diperkenalkan oleh Carolus Linnaeus.

 

K.      KLADOGRAM

Adalah diagram bercabang yang menggambarkan hubungan taksonomis dan garis evolusioner antar takson.

                                                                                                 

Kladogram Vertebrata



Kladogram Reptil


by Ai Rohimah, S.Pd

Guru Biologi SMAN 1 Rancaekek

Sumber :

Aryulina, Diah. dkk. 2007. Biologi 1. Esis. Jakarta. Erlangga.

Pratiwi, D.A. dkk. 2017. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.

Irnaningtiyas. 2016. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.

Safitri, Ririn. 2016. Biologi X. Surakarta. CV Mediatama.

Sri Sayeki, Naniek. 2015. Biologi 1. Jakarta. CV Arya Duta.

Sulistyorini, Ari. 2009. Biologi 1. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Pujiyanto, Sri. Siti Ferniah, Rejeki. 2016. Menjelajahi Dunia Biologi 1. Solo. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Artanti. 2020. Modul Pembelajaran SMA Biologi Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jakarta. Kemendikbud.

Ratna Puspaningsih, Ayuk. dkk. 2021. Buku Panduan Guru IPA. Jakarta. Kemendikbudristek.

Ratna Puspaningsih, Ayuk. dkk. 2021. Buku Panduan Siswa IPA. Jakarta. Kemendikbudristek.

https://www.youtube.com/watch?v=EVoL1vMb0rc



Comments

Popular posts from this blog

LKPD 3 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD 9 SISTEM KOORDINASI