ATP BIOLOGI FASE E TA 2024-2025
ALUR TUJUAN
PEMBELAJARAN
TAHUN AJARAN 2024-2025
Mata Pelajaran : IPA-Biologi Kelas/Semester : X / Ganjil |
|
Fase : E Alokasi Waktu : 3 JP |
CAPAIAN PEMBELAJARAN : Pada akhir Fase E, peserta didik memiliki
kemampuan untuk memahami sistem pengukuran, energi alternatif, ekosistem,
bioteknologi, keanekaragaman hayati, struktur atom, reaksi kimia, hukum-hukum
dasar kimia, dan perubahan iklim sehingga responsif dan dapat berperan aktif
dalam menyelesaikan masalah pada isu-isu lokal dan global. Semua upaya
tersebut diarahkan pada pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan
(Sustainable Development Goals/SDGs).
1. PEMAHAMAN Peserta didik memahami proses klasifikasi makhluk
hidup; peranan virus, bakteri, dan jamur dalam kehidupan; ekosistem dan
interaksi antarkomponen serta faktor yang mempengaruhi; dan pemanfaatan
bioteknologi dalam berbagai bidang kehidupan.
2. KETERAMPILAN ● Mengamati Peserta didik mengamati fenomena ilmiah dan mencatat hasil pengamatannya dengan memperhatikan karakteristik dari objek yang diamati untuk memunculkan pertanyaan yang akan diselidiki. ● Mempertanyakan dan Memprediksi Peserta didik mengidentifikasi pertanyaan dan permasalahan yang dapat diselidiki secara ilmiah. Peserta didik menghubungkan pengetahuan yang telah dimiliki dengan pengetahuan baru untuk membuat prediksi. ● Merencanakan dan Melakukan Penyelidikan Peserta didik merencanakan penyelidikan ilmiah dan melakukan langkah-langkah operasional berdasarkan referensi yang benar untuk menjawab pertanyaan. Peserta didik melakukan pengukuran atau membandingkan variabel terikat dengan menggunakan alat yang sesuai serta memperhatikan kaidah ilmiah. ● Memproses, Menganalisis Data dan Informasi Peserta didik menafsirkan informasi yang diperoleh dengan jujur dan bertanggung jawab. Peserta didik menganalisis menggunakan alat dan metode yang tepat berdasarkan data penyelidikan dengan menggunakan referensi rujukan yang sesuai, serta menyimpulkan hasil penyelidikan. ● Mengevaluasi dan Refleksi Peserta didik mengidentifikasi sumber ketidakpastian dan kemungkinan penjelasan alternatif dalam rangka mengevaluasi kesimpulan serta menjelaskan cara spesifik untuk meningkatkan kualitas data. Peserta didik menganalisis validitas informasi dan mengevaluasi pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam penyelidikan. ● Mengomunikasikan Hasil Peserta didik
mengomunikasikan hasil penyelidikan secara sistematis dan utuh ditunjang
dengan argumen ilmiah berdasarkan referensi sesuai konteks penyelidikan.
|
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
TUJUAN
PEMBELAJARAN |
MATERI |
SEMESTER 1 |
|
Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom dalam bentuk tulisan (tabel/skema/uraian/gambar) dengan gotong royong Melakukan identifikasi makhluk hidup dalam bentuk urutan tulisan dengan bernalar kritis Melakukan identifikasi makhluk hidup secara berurutan dalam bentuk tulisan dengan bernalar kritis Menyusun kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam bentuk tulisan (skema/uraian/gambar) dengan bernalar kritis |
KLASIFIKASI
MAKHLUK HIDUP
|
Menganalisis struktur, reflikasi, dan peran virus dalam kehidupan dalam bentuk replika/flyer/video dengan bernalar kritis. Melakukan kampanye tentang partisipasi remaja dalam menaggulangi persebaran virus dalam bentuk flyer/video dengan gotong royong |
PERANAN VIRUS |
Mengidentifikasi ciri-ciri bakteri (struktur, cara hidup, reproduksi) dan peran bakteri dalam kehidupan dalam bentuk replika/skema/uraian/gambar dengan mandiri Menyajikan data tentang cara terhindar dari bakteri dalam bentuk tulisan (video/flyer) dengan kreatif |
PERANAN BAKTERI |
Mengelompokkan jamur berdasarkan ciri-ciri (struktur, cara reproduksi) dan mengaitkannya dalam kehidupan dalam bentuk tabel/skema/uraian/gambar dengan bernalar kritis Menyajikan laporan hasil investigasi tentang keaekaragaman jamur dan peranannya dalam kehidupan dalam bentuk laporan dengan kreatif |
PERANAN JAMUR |
SEMESTER 2 |
|
1. Peserta didik menganalisis komponen-komponen
ekosistem dan interaksi antar komponen tersebut dalam bentuk
skema/uraian/gambar dengan bernalar kritis 2. Peserta didik menyajikan karya yang menunjukkan
interaksi antar komponen ekosistem (jaring-jaring makanan, siklus
biogeokimia) dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan bergotong royong |
EKOSISTEM
|
1. Peserta didik
menganalisis data perubahan lingkungan, penyebab dan dampaknya bagi
kehidupan dalam bentuk
tabel/skema/uraian dengan gotong royong. 2. Peserta didik melakukan
kampanye gagasan pemecahan masalah perubahan
lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar dalam bentuk
tulisan/gambar/simbol ajakan menjaga lingkungan sekitar dengan kreatif.
|
PERUBAHAN
LINGKUNGAN |
1. Peserta didik
menganalisis prinsip-prinsip bioteknologi dan penerapannya (Kultur Jaringan dan Kloning) sebagai upaya
peningkatan kesejahteraan manusia dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan
kreatif 2. Peserta didik menyusun laporan
hasil percobaan penerapan biotekologi konvensional (Kultur Jaringan dan Kloning) berdasarkan scientific
methode dalam bentuk tulisan dengan gotong royong |
BIOTEKNOLOGI (KULTUR JARINGAN DAN KLONING) |
by Ai Rohimah, S.Pd
Guru Biologi SMAN 1 Rancaekek
Comments
Post a Comment