ATP BIOLOGI FASE F KELAS XII TA 2023

Kurikulum Merdeka

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN BIOLOGI FASE F KELAS XII TA 2023



PROSEDUR ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN




CAPAIAN PEMBELAJARAN BIOLOGI FASE F KELAS XI & XII 



Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan mendeskripsikan struktur sel serta bio proses yang terjadi seperti transpor pada membran dan pembelahan sel; menganalisis keterkaitan struktur organ pada sistem organ dengan fungsinya serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tersebut; memahami fungsi enzim dan mengenal proses metabolisme yang terjadi dalam tubuh; serta memiliki kemampuan menerapkan konsep pewarisan sifat, pertumbuhan dan perkembangan, mengevaluasi gagasan baru mengenai evolusi, dan inovasi teknologi biologi.


ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN BIOLOGI FASE F KELAS XII


TUJUAN PEMBELAJARAN BIOLOGI FASE F KELAS XII

TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 1

ENZIM DAN METABOLISME

Tujuan Pembelajaran 1.1

Menjelaskan fungsi metabolisme sebagai reaksi enzimatis dalam makhluk hidup melalui studi literatur dengan membandingkan proses metabolisme dalam tubuh kita dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk karya tulis dengan bernalar kritis.

Tujuan Pembelajaran 1.2

Menyusun laporan hasil percobaan tentang mekanisme kerja enzim, fotosintesis, dan respirasi anaerob melalui praktik kerja enzim katalase, praktik percobaan Ingenhouze, praktik percobaan Sach, praktik membuat donat, dan praktik membuat tapai ketan putih dalam bentuk karya tulis dengan bergotong royong.


TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 2

PEWARISAN SIFAT

Tujuan Pembelajaran 2.1

Peserta didik menganalisis hubungan struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom, dalam penerapan prinsip pewarisan sifat pada makhluk hidup melalui praktik isolasi DNA buah-buahan, praktik mengamati kromosom lalat buah (Drosohyla melanogaster) dan membuat model DNA menggunakan perumusan urutan proses sintesis protein dalam kaitannya dengan penyampaian kode genetik (DNA-RNA protein) dalam bentuk karya model DNA dengan bergotong royong.

Tujuan Pembelajaran 2.2

Peserta didik menerapkan prinsip pewarisan sifat makhluk hidup berdasarkan Hukum Mendel melalui praktik persilangan monohibrid dan dihibrid menggunakan kancing genetik dalam bentuk data hasil penerapan Hukum Mendel dalam perhitungan peluang dari persilangan makhluk hidup di bidang pertanian dan peternakan dengan bernalar kritis.

Tujuan Pembelajaran 2.3

Peserta didik menganalisis pola-pola hereditas pada makhluk hidup melalui praktik persilangan peristiwa pautan dan pindah silang dalam bentuk karya tulis dengan mandiri.

Tujuan Pembelajaran 2.4

Peserta didik menganalisis pola-pola hereditas pada manusia melalui studi literatur dari berbagai sumber yang relevan dalam bentuk karya tulis pola-pola hereditas pada manusia dalam berbagai aspek kehidupan dengan bernalar kritis.

Tujuan Pembelajaran 2.5

Peserta didik menganalisis peristiwa mutasi pada makhluk hidup melalui eksplorasi peristiwa mutasi yang menyebabkan variasi dan kelainan sifat pada makhluk hidup dari berbagai sumber yang relevan dalam bentuk karya tulis dengan bernalar kritis.


TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 3

PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN

Tujuan Pembelajaran 3.1 

Peserta didik menjelaskan konsep pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup melalui praktik struktur biji dikotil dan monokotil, praktik tipe perkecambahan, praktik pertumbuhan ujung akar dan ujung batang, dalam bentuk gambar dengan bergotong royong.

Tujuan Pembelajaran 3.2

Peserta didik menyajikan data pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup melalui praktik pertumbuhan di tempat terang dan gelap, dan praktik membuat kecambah taoge dalam bentuk laporan hasil percobaan dengan bernalar kritis.


TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 4

EVOLUSI

Tujuan Pembelajaran 4.1

Peserta didik menjelaskan teori prinsip, dan mekanisme evolusi serta pandangan terkini para ahli terkait spesiasi melalui studi literatur dalam bentuk diskusi kelompok dengan bergotong royong.

Tujuan Pembelajaran 4.2

Peserta didik mengevaluasi gagasan baru mengenai evolusi berdasarkan pemahaman yang dimilikinya melalui studi literatur dari berbagai sumber yang relevan dalam bentuk karya tulis dengan bernalar kritis.


TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 5

INOVASI TEKNOLOGI BIOLOGI

Tujuan Pembelajaran 5.1

Peserta didik mengevaluasi prinsip-prinsip inovasi teknologi biologi dan penerapannya sebagai upaya peningkatan kesejahteraan manusia melalui studi literatur dengan membandingkan hasil inovasi teknologi biologi dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk karya tulis dengan bernalar kritis.

Tujuan Pembelajaran 5.2

Peserta didik mengevaluasi karya inovasi teknologi biologi melalui praktik membuat karya inovasi teknologi konvensional dalam bentuk laporan hasil percobaan berdasarkan scientific methode dengan bergotong royong.




by Ai Rohimah, S.Pd

Guru Biologi SMA Pasundan Rancaekek


Comments

Popular posts from this blog

LKPD 3 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD 9 SISTEM KOORDINASI