ATP BIOLOGI FASE F KELAS XI TA 2023

Kurikulum Merdeka

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN BIOLOGI FASE F KELAS XI TA 2023



PRINSIP ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN





CAPAIAN PEMBELAJARAN BIOLOGI FASE F KELAS XI & XII



Pada akhir fase F, peserta didik memiliki kemampuan mendeskripsikan struktur sel serta bio proses yang terjadi seperti transpor membran dan pembelahan sel; menganalisis keterkaitan struktur organ pada sistem organ dengan fungsinya serta kelainan atau gangguan yang muncul pada sistem organ tersebut; memahami fungsi enzim dan mengenal proses metabolisme yang terjadi dalam tubuh; serta memiliki kemampuan menerapkan konsep pewarisan sifat, pertumbuhan dan perkembangan, mengevaluasi gagasan baru mengenai evolusi, dan inovasi teknologi biologi.


ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN BIOLOGI FASE F KELAS XI



TUJUAN PEMBELAJARAN BIOLOGI FASE F KELAS XI

TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 1
SEL DAN PEMBELAHAN SEL

Tujuan Pembelajaran 1.1

Peserta didik mendeskripsikan komponen kimiawi penyusun sel, struktur, fungsi, dan proses yang berlangsung dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan melalui studi literatur dengan membandingkan sel telur ayam dalam kehidupan sehari-hari dalam bentuk tabel dengan bernalar kritis.

Tujuan Pembelajaran 1.2

Peserta didik mendeskripsikan struktur sel beserta fungsinya melalui pengamatan mikroskopis sel hewan dan sel tumbuhan dengan membandingkan struktur sel hewan dan sel tumbuhan melalui video dan/atau studi literatur berbagai sumber yang relevan dalam bentuk berbagai media presentasi  dengan kreatif.

Tujuan Pembelajaran 1.3

Peserta didik mendeskripsikan bio proses yang terjadi salah satunya pada mekanisme transpor pada membran melalui praktik pengamatan osmosis pada pembuatan manisan dan difusi pada pengamatan teh celup dalam bentuk laporan hasil praktik dengan bergotong royong.

Tujuan Pembelajaran 1.4

Peserta didik mendeskripsikan proses pembelahan sel sebagai dasar penurunan sifat dari induk kepada keturunannya melalui praktik pengamatan pembelahan sel mitosis akar bawang bombai dengan membandingkan proses pembelahan sel melalui gambar pembelahan sel dari berbagai sumber yang relevan dalam bentuk skema dengan bernalar kritis.


TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 2
JARINGAN TUMBUHAN

Tujuan Pembelajaran 2.1

Peserta didik menganalisis keterkaitan antara struktur sel pada jaringan tumbuhan dengan fungsi organ pada tumbuhan melalui pengamatan mikroskopis struktur jaringan  pada tumbuhan dan jaringan pada tumbuhan yang dapat diamati secara langsung pada tumbuhan yang ada di lingkungan sekitar dengan membandingkan struktur jaringan pada tumbuhan dari berbagai sumber yang relevan dalam bentuk skema dengan bergotong royong.

Tujuan Pembelajaran 2.2

Peserta didik menganalisis keterkaitan antara struktur dan fungsi organ pada tumbuhan melalui pengamatan makroskopis struktur organ pada tumbuhan yang ada lingkungan dengan membandingkan struktur dan fungsi organ pada tumbuhan dari berbagai sumber yang relevan dalam bentuk karya tulis dengan bernalar kritis.
 

TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 3
JARINGAN HEWAN 

Tujuan Pembelajaran 3.1 

Peserta didik menganalisis keterkaitan antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan melalui pengamatan mikroskopis struktur jaringan dan organ pada hewan dengan membandingkan struktur jaringan dan organ pada hewan dari berbagai sumber yang relevan dalam bentuk tabel dengan bergotong royong.

Tujuan Pembelajaran 3.2

Peserta didik menganalisis keterkaitan antara struktur dan fungsi organ pada hewan  melalui pengamatan makroskopis struktur organ pada hewan dengan membandingkan struktur organ pada hewan penyusun berbagai sistem organ pada hewan dari berbagai sumber yang relevan dalam bentuk karya tulis  dengan bernalar kritis.


TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 4
SISTEM GERAK

Tujuan Pembelajaran 4.1

Peserta didik menganalisis hubungan antara struktur jaringan dan organ pada sistem gerak dalam kaitannya dengan bio proses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem gerak manusia melalui pengamatan model kerangka tulang manusia dan pengamatan mikroskopis otot dengan membandingkan dari berbagai sumber yang relevan dalam bentuk portofolio dengan bergotong royong.

Tujuan Pembelajaran 4.2

Peserta didik menyajikan karya tulis berbagai gangguan sistem gerak dengan pemanfaatan teknologi dalam mengatasi gangguan sistem gerak melalui studi literatur berbagai sumber yang relevan dalam bentuk karya tulis dengan bernalar kritis.


TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 5
SISTEM SIRKULASI

Tujuan Pembelajaran 5.1

Peserta didik menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem sirkulasi dalam kaitannya dengan bio proses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem sirkulasi manusia melalui praktik pemeriksaan tekanan darah,  uji denyut nadi, uji golongan darah dengan membandingkan dari berbagai sumber yang relevan dalam bentuk portofolio dengan bergotong royong.

Tujuan Pembelajaran 5.2

Peserta didik menyajikan karya tulis tentang kelainan pada struktur dan fungsi darah, jantung, pembuluh darah, yang menyebabkan gangguan sirkulasi manusia serta kaitannya melalui penggalian informasi penyakit sistem sirkulasi yang sering terjadi di lingkungan dengan membandingkan dari berbagai sumber yang relevan dalam bentuk karya tulis dengan bernalar kritis. 


TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 6
SISTEM PENCERNAAN

Tujuan Pembelajaran 6.1

Peserta didik menganalisis hubungan antara struktur  jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dalam kaitannya dengan nutrisi, bio proses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem pencernaan manusia melalui berbagai sumber yang relevan dengan membandingkan kebiasaan pola makan sehari-hari pada tubuh kita dan di lingkungan sekitar dalam bentuk portofolio dengan bergotong royong.

Tujuan Pembelajaran 6.2

Peserta didik menyajikan data uji zat makanan yang terkandung dalam berbagai jenis bahan makanan dikaitkan dengan kebutuhan energi setiap individu serta teknologi pengolahan pangan dan keamanan pangan melalui praktik uji zat makanan, evaluasi diri kurus gemuk, menghitung kalori bahan makanan dan kalori yang dibutuhkan oleh setiap individu, serta menyusun menu makanan seimbang dalam bentuk tabel kegiatan dengan bernalar kritis.


TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 7
SISTEM RESPIRASI

Tujuan Pembelajaran 7.1

Peserta didik menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem respirasi dalam kaitannya dengan bio proses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem respirasi manusia melalui berbagai sumber yang relevan dengan membandingkan kegiatan respirasi yang terjadi pada tubuh kita sehari-hari melalui praktik mekanisme pernapasan, volume dan kapasitas paru-paru dan frekuensi pernapasan,  dalam bentuk portofolio dengan bergotong royong.

Tujuan Pembelajaran 7.2

Peserta didik menyajikan hasil analisis pengaruh pencemaran udara (rokok) terhadap kelainan pada struktur dan fungsi organ pernapasan manusia melalui praktik uji bahaya asap rokok dengan membandingkan dari berbagai sumber yang relevan dalam bentuk kampanye SMA Pasundan Kawasan Bersih Asap Rokok dengan kreatif.


TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 8
SISTEM EKSKRESI

Tujuan Pembelajaran 8.1

Peserta didik menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem ekskresi dalam kaitannya dengan bio proses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem ekskresi manusia melalui berbagai sumber yang relevan dengan membandingkan beberapa kegiatan ekskresi yang terjadi pada tubuh kita sehari-hari melalui praktik uji urine dalam bentuk portofolio dengan bergotong royong.

Tujuan Pembelajaran 8.2

Peserta didik menyajikan hasil analisis pengaruh pola hidup terhadap kelainan pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan pada sistem ekskresi serta kaitannya dengan teknologi melalui studi literatur berbagai sumber yang relevan dalam bentuk karya tulis dengan bernalar kritis.


TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 9
SISTEM KOORDINASI

Tujuan Pembelajaran 9.1

Peserta didik menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem koordinasi (saraf, hormon, dan alat indra) dalam kaitannya dengan mekanisme koordinasi melalui studi literatur dan regulasi serta gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem koordinasi manusia melalui studi literatur dengan membandingkan kegiatan sistem koordinasi yang terjadi pada tubuh kita sehari-hari dalam bentuk portofolio dengan bergotong royong.

Tujuan Pembelajaran 9.2

Peserta didik menyajikan hasil analisis pengaruh pola hidup terhadap kelainan pada struktur dan fungsi organ sistem koordinasi yang menyebabkan gangguan sistem saraf dan hormon pada manusia melalui studi literatur dengan membandingkan kelainan sistem koordinasi di lingkungan sekitar dalam bentuk karya tulis dengan bernalar kritis.



TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 10
BAHAN PSIKOTROPIKA

Tujuan Pembelajaran 10.1

Peserta didik mengevaluasi bahaya penggunaan senyawa psikotropika dan dampaknya terhadap kesehatan diri, lingkungan, dan masyarakat melalui studi literatur dengan membandingkan penggunaan senyawa psikotropika di lingkungan sekitar dalam bentuk karya tulis dengan bernalar kritis.

Tujuan Pembelajaran 10.2

Peserta didik melakukan kampanye anti narkoba di lingkungan sekolah dan masyarakat dalam berbagai bentuk media kampanye dengan kreatif.


TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 11
SISTEM REPRODUKSI

Tujuan Pembelajaran 11.1

Peserta didik menganalisis hubungan struktur jaringan penyusun organ reproduksi dengan fungsinya dalam sistem reproduksi manusia melalui studi literatur dengan membandingkan penerapan sistem reproduksi dalam diri dan lingkungan sekitar dalam bentuk karya tulis dengan bergotong royong.

Tujuan Pembelajaran 11.2

Peserta didik menganalisis penerapan prinsip reproduksi pada manusia dan pemberian ASI eksklusif dalam program keluarga berencana sebagai upaya meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) melalui studi literatur dengan membandingkan penerapan prinsip reproduksi pada manusia dan pemberian ASI di lingkungan sekitar dalam bentuk karya tulis dengan bernalar kritis.

Tujuan Pembelajaran 11.3

Peserta didik menyajikan hasil analisis tentang dampak pergaulan bebas, penyakit dan kelainan pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan sistem reproduksi manusia serta teknologi sistem reproduksi melalui studi literatur dengan membandingkan dampak pergaulan bebas, penyakit dan kelainan di lingkungan sekitar dalam bentuk karya tulis dengan kreatif.

Tujuan Pembelajaran 11.4

Peserta didik menyajikan karya tulis tentang pentingnya menyiapkan generasi terencana untuk meningkatkan mutu Sumber Daya Manusia (SDM) melalui studi literatur dalam bentuk flyer dengan bernalar kritis.


TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 12
SISTEM IMUN

Tujuan Pembelajaran 12.1 

Peserta didik menganalisis peran sistem imun dan imunisasi terhadap proses fisiologi dalam tubuh melalui studi literatur dengan membandingkan kegiatan imunisasi dan vaksin di lingkungan sekitar dalam bentuk karya tulis dengan bernalar kritis.

Tujuan Pembelajaran 12.2

Peserta didik melakukan kampanye pentingnya partisipasi masyarakat dalam program dan imunisasi serta kelainan dalam sistem imun dalam berbagai media kampanye dengan kreatif.





by Ai Rohimah, S.Pd

Guru Biologi SMA Pasundan Rancaekek






Comments

Popular posts from this blog

LKPD 3 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD 9 SISTEM KOORDINASI