ATP BIOLOGI FASE E KELAS X TA 2023
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN BIOLOGI FASE E KELAS X
TUJUAN PEMBELAJARAN BIOLOGI FASE E KELAS X
TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 1
KEANEKARAGAMAN
MAKHLUK HIDUP DAN PERANANNYA
Tujuan Pembelajaran 1.1
Peserta didik menganalisis
berbagai tingkat keanekaragaman makhluk hidup dan peranannya di lingkungan
sekitar, beserta ancaman dan pelestariannya dalam berbagai bentuk tulisan (flyer, dll) dengan bernalar
kritis.
Tujuan pembelajaran 1.2
Peserta didik melakukan
penelitian observasi berbagai tingkat keanekaragaman makhluk hidup dan
peranannya di lingkungan sekitar dengan membandingkan data keanekaragaman
makhluk hidup dari berbagai wilayah di Indonesia dari sumber yang relevan dalam
bentuk tabel dengan berkebhinekaan global.
Tujuan Pembelajaran 1.3
Peserta didik memberikan
usulan upaya pelestarian keanekaragaman makhluk hidup dalam berbagai bentuk media presentasi dengan bernalar kritis.
Tujuan Pembelajaran 1.4
Peserta didik menyajikan contoh
cara memanfaatkan keanekaragaman makhluk hidup di sekitar dalam bentuk flyer
dengan kreatif.
Tujuan Pembelajaran 1.5
Peserta didik mempraktikkan
peranan keanekaragaman makhluk hidup di sekitar dengan membuat teh tumbuhan
pucuk merah yang tumbuh di lingkungan sekolah SMA Pasundan Rancaekek secara
bergotong royong.
TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 2
VIRUS DAN PERANANNYA
Tujuan Pembelajaran 2.1
Peserta didik mendeskripsikan ciri-ciri virus dalam bentuk
tulisan berbagai media atau berbagai bentuk karya dengan gotong royong.
Tujuan Pembelajaran 2.2
Peserta didik membedakan replikasi virus litik dan
lisogenik melalui diagram venn dalam bentuk tabel dengan bernalar kritis.
Peserta didik menyajikan peran virus menguntungkan dan
merugikan dalam bentuk tabel dengan mandiri.
Tujuan Pembelajaran 2.4
Peserta didik mengkampanyekan cara pencegahan dan atau
penaggulangan penyebaran virus di sekitar dengan berbagai media dengan kreatif.
TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 3
INOVASI TEKNOLOGI BIOLOGI
Tujuan pembelajaran 3.1
Peserta didik membedakan inovasi teknologi biologi konvensional dan inovasi teknologi biologi modern beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai bidang (pangan, pertanian, peternakan, kesehatan) dalam bentuk tabel dengan bernalar kritis.
Peserta didik menganalisis
berbagai metode inovasi teknologi biologi modern (kultur jaringan, antibodi monoklonal,
terapi gen manusia, pembuatan insulin manusia, klona embrio, klona transfer
inti, transfer gen, tanaman transgenik) melalui gambar dalam bentuk berbagai media
presentasi dengan mandiri.
Tujuan Pembelajaran 3.3
Peserta didik membuat laporan
hasil percobaan penerapan produk inovasi teknologi biologi konvensional (kefir dari bakteri
asam laktat) melalui praktik membuat produk inovasi teknologi konvensional dengan bergotong royong.
Tujuan Pembelajaran 3.4
Peserta didik mengembangkan
produk bioteknologi konvensional menjadi produk lain (kefir menjadi skincare
face wash) melalui STEM (Science Technologi Enginering & Math) dalam bentuk
produk sabun cuci muka dengan kreatif.
Tujuan Pembelajaran 3.5
Peserta didik merefleksikan
dampak inovasi teknologi biologi dalam kehidupan dalam bentuk tabel melalui studi literatur dari berbagai sumber yang relevan dengan bernalar kritis.
TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 4
KOMPONEN EKOSISTEM DAN INTERAKSI ANTAR KOMPONEN
Tujuan Pembelajaran 4.1
Peserta didik menganalisis
komponen ekosistem, interaksi makhluk hidup, rantai makanan, jaring-jaring
makanan dan aliran energi di lingkungan sekitar dalam bentuk tulisan (dengan
berbagai media) dengan bernalar kritis.
Tujuan Pembelajaran 4.2
Peserta didik menyajikan karya
tipe-tipe ekosistem yang ada di sekitar (ekosistem air, ekosistem darat,
ekosistem buatan) beserta peranan dan ancaman/gangguan dengan membandingkan
tipe-tipe ekosistem global melalui literasi berbagai sumber yang relevan dalam bentuk
berbagai jenis media presentasi dengan kreatif.
Tujuan Pembelajaran 4.3
Peserta didik merefleksikan
berbagai daur biogeokimia melalui gambar atau skema atau diagram atau video dalam
bentuk tabel dengan bergotong royong.
Tujuan Pembelajaran 4.4
Peserta didik menyampaikan ide
peran pelajar dan masyarakat dalam menjaga ekosistem melalui pengamatan gambar
atau video suksesi dalam bentuk flyer dengan mandiri.
TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 5
PERUBAHAN LINGKUNGAN
Tujuan Pembelajaran 5.1
Peserta didik mengidentifikasi
lingkungan hidup dengan melakukan observasi lingkungan hidup mengenai
keseimbangan lingkungan, daya dukung lingkungan, daya lenting lingkungan,
perubahan lingkungan, pencemaran lingkungan dan pengelolaan lingkungan hidup di
sekitar dalam bentuk tabel secara bernalar kritis.
Tujuan Pembelajaran 5.2
Peserta didik menganalisis aktivitas
manusia yang menyebabkan terjadinya perubahan lingkungan oleh
aktivitas manusia yang menyebabkan pencemaran (air, udara, tanah, suara)
melalui video dan/atau sumber yang relevan dalam bentuk karya tulis dengan bergotong royong.
Tujuan Pembelajaran 5.3
Peserta didik menciptakan
solusi untuk mengatasi perubahan lingkungan sebagai dampak berbagai pencemaran
oleh aktivitas manusia melalui kunjungan ke KWT Rancaekek dan Bank Sampah
Seroja Perum Bumi Rancaekek Kencana dalam bentuk membuat karya nyata (pemisahan sampah,
pengolahan limbah, bank sampah) dengan kreatif.
by Ai Rohimah, S.Pd
Guru Biologi SMA Pasundan Rancaekek
Comments
Post a Comment