ATP BIOLOGI FASE E KELAS X TA 2023

Kurikulum Merdeka

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN BIOLOGI FASE E KELAS X TA 2023
      

KONSEP ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN



CAPAIAN PEMBELAJARAN BIOLOGI FASE E KELAS X



Pada akhir fase E, peserta didik memiliki kemampuan menciptakan solusi atas permasalahan-permasalahan berdasarkan isu lokal, nasional atau global terkait pemahaman keanekaragaman makhluk hidup dan peranannya, virus dan peranannya, inovasi teknologi biologi komponen ekosistem dan interaksi antar komponen serta perubahan lingkungan. 

ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN BIOLOGI FASE E KELAS X




KONSEP TUJUAN PEMBELAJARAN




TUJUAN PEMBELAJARAN BIOLOGI FASE E KELAS X


TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 1 

KEANEKARAGAMAN MAKHLUK HIDUP DAN PERANANNYA

 

Tujuan Pembelajaran 1.1

Peserta didik menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman makhluk hidup dan peranannya di lingkungan sekitar, beserta ancaman dan pelestariannya dalam berbagai bentuk tulisan (flyer, dll) dengan bernalar kritis.

 

Tujuan pembelajaran 1.2

Peserta didik melakukan penelitian observasi berbagai tingkat keanekaragaman makhluk hidup dan peranannya di lingkungan sekitar dengan membandingkan data keanekaragaman makhluk hidup dari berbagai wilayah di Indonesia dari sumber yang relevan dalam bentuk tabel dengan berkebhinekaan global.

 

Tujuan Pembelajaran 1.3

Peserta didik memberikan usulan upaya pelestarian keanekaragaman makhluk hidup dalam berbagai bentuk media presentasi dengan bernalar kritis.

 

Tujuan Pembelajaran 1.4

Peserta didik menyajikan contoh cara memanfaatkan keanekaragaman makhluk hidup di sekitar dalam bentuk flyer dengan kreatif.

 

Tujuan Pembelajaran 1.5

Peserta didik mempraktikkan peranan keanekaragaman makhluk hidup di sekitar dengan membuat teh tumbuhan pucuk merah yang tumbuh di lingkungan sekolah SMA Pasundan Rancaekek secara bergotong royong.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 2 

VIRUS DAN PERANANNYA


Tujuan Pembelajaran 2.1

Peserta didik mendeskripsikan ciri-ciri virus dalam bentuk tulisan berbagai media atau berbagai bentuk karya dengan gotong royong.

 

Tujuan Pembelajaran 2.2

Peserta didik membedakan replikasi virus litik dan lisogenik melalui diagram venn dalam bentuk tabel dengan bernalar kritis.

 

Tujuan Pembelajaran 2.3

Peserta didik menyajikan peran virus menguntungkan dan merugikan dalam bentuk tabel dengan mandiri.

 

Tujuan Pembelajaran 2.4

Peserta didik mengkampanyekan cara pencegahan dan atau penaggulangan penyebaran virus di sekitar dengan berbagai media dengan kreatif.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 3 

INOVASI TEKNOLOGI BIOLOGI


Tujuan pembelajaran 3.1

Peserta didik membedakan inovasi teknologi biologi konvensional dan inovasi teknologi biologi modern beserta contohnya dalam kehidupan sehari-hari dalam berbagai bidang (pangan, pertanian, peternakan, kesehatan) dalam bentuk tabel dengan bernalar kritis.


Tujuan Pembelajaran 3.2 

Peserta didik menganalisis berbagai metode inovasi teknologi biologi modern (kultur jaringan, antibodi monoklonal, terapi gen manusia, pembuatan insulin manusia, klona embrio, klona transfer inti, transfer gen, tanaman transgenik) melalui gambar dalam bentuk berbagai media presentasi dengan mandiri.

 

Tujuan Pembelajaran 3.3

Peserta didik membuat laporan hasil percobaan penerapan produk inovasi teknologi biologi konvensional (kefir dari bakteri asam laktat) melalui praktik membuat produk inovasi teknologi konvensional dengan bergotong royong.

 

Tujuan Pembelajaran 3.4

Peserta didik mengembangkan produk bioteknologi konvensional menjadi produk lain (kefir menjadi skincare face wash) melalui STEM (Science Technologi Enginering & Math) dalam bentuk produk sabun cuci muka dengan kreatif.

 

Tujuan Pembelajaran 3.5

Peserta didik merefleksikan dampak inovasi teknologi biologi dalam kehidupan dalam bentuk tabel melalui studi literatur dari berbagai sumber yang relevan dengan bernalar kritis.


TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 4 

KOMPONEN EKOSISTEM DAN INTERAKSI ANTAR KOMPONEN


Tujuan Pembelajaran 4.1

Peserta didik menganalisis komponen ekosistem, interaksi makhluk hidup, rantai makanan, jaring-jaring makanan dan aliran energi di lingkungan sekitar dalam bentuk tulisan (dengan berbagai media) dengan bernalar kritis.

 

Tujuan Pembelajaran 4.2

Peserta didik menyajikan karya tipe-tipe ekosistem yang ada di sekitar (ekosistem air, ekosistem darat, ekosistem buatan) beserta peranan dan ancaman/gangguan dengan membandingkan tipe-tipe ekosistem global melalui literasi berbagai sumber yang relevan dalam bentuk berbagai jenis media presentasi dengan kreatif.

 

Tujuan Pembelajaran 4.3

Peserta didik merefleksikan berbagai daur biogeokimia melalui gambar atau skema atau diagram atau video dalam bentuk tabel dengan bergotong royong.

 

Tujuan Pembelajaran 4.4

Peserta didik menyampaikan ide peran pelajar dan masyarakat dalam menjaga ekosistem melalui pengamatan gambar atau video suksesi dalam bentuk flyer dengan mandiri.


TUJUAN PEMBELAJARAN MATERI 5 

PERUBAHAN LINGKUNGAN


Tujuan Pembelajaran 5.1

Peserta didik mengidentifikasi lingkungan hidup dengan melakukan observasi lingkungan hidup mengenai keseimbangan lingkungan, daya dukung lingkungan, daya lenting lingkungan, perubahan lingkungan, pencemaran lingkungan dan pengelolaan lingkungan hidup di sekitar dalam bentuk tabel secara bernalar kritis.

 

Tujuan Pembelajaran 5.2

Peserta didik menganalisis aktivitas manusia yang menyebabkan terjadinya perubahan lingkungan oleh aktivitas manusia yang menyebabkan pencemaran (air, udara, tanah, suara) melalui video dan/atau sumber yang relevan dalam bentuk karya tulis dengan bergotong royong.

 

Tujuan Pembelajaran 5.3

Peserta didik menciptakan solusi untuk mengatasi perubahan lingkungan sebagai dampak berbagai pencemaran oleh aktivitas manusia melalui kunjungan ke KWT Rancaekek dan Bank Sampah Seroja Perum Bumi Rancaekek Kencana dalam bentuk membuat karya nyata (pemisahan sampah, pengolahan limbah, bank sampah) dengan kreatif.

 



by Ai Rohimah, S.Pd

Guru Biologi SMA Pasundan Rancaekek

Comments

Popular posts from this blog

LKPD 3 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD 9 SISTEM KOORDINASI