LKPD 9 SISTEM KOORDINASI
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 9
SISTEM KOORDINASI
KOMPETENSI DASAR :
3.10. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem koordinasi (saraf, hormone dan alat indera) dalam kaitannya dengan mekanisme koordinasi dan regulasi serta gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem koordinasi manusia.
4.10. Menyajikan hasil analisis pengaruh pola hidup terhadap kelainan pada struktur dan fungsi organ sistem koordinasi yang menyebabkan gangguan sistem saraf dan hormon pada manusia berdasarkan studi literatur.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui
penerapan Model Pembelajaran Project
Based Learning Sintak George Lucas
dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dan
metode diskusi, penugasan, tanya jawab,
dan presentasi, siswa mampu menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem koordinasi (saraf, hormone dan alat indera) dalam kaitannya dengan mekanisme koordinasi dan regulasi serta gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem koordinasi manusia dan mampu menyajikan hasil analisis pengaruh pola hidup terhadap kelainan pada struktur dan fungsi organ sistem koordinasi yang menyebabkan gangguan sistem saraf dan hormon pada manusia berdasarkan studi literatur., sehingga
siswa mampu beriman, bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong
royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, serta dapat mengembangkan
kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi,
berkolaborasi, berkreasi (4C).
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Saat berjalan tiba-tiba menginjak kotoran, dan respon yang dia berikan adalah berkata "in jijik" dan menunjuk kotoran tersebut tanpa mengangkat kakinya. Ada juga seseorang yang tiba-tiba memegang panci panas dan merespon dengan cara menghindarkan tangannya dari panci tersebut. Lalu ada juga seseorang yang merespon dengan mengedip juga menghalangi matanya dengan tangan saat tiba-tiba ada cahaya menyilaukan mata seketika mobil lewat.
Buatlah beberapa pertanyaan berkaitan dengan informasi di atas!
Sistem koordinasi adalah ....
Buatlah kelompok belajar menjadi 3 kelompok belajar :
Kelompok sistem saraf
Kelompok sistem hormon
Kelompok sistem indera
Simaklah presentasi dari setiap kelompok dan penguatan materi dari gurumu. Kemudian isilah latihan berikut sebagai pendukung penguatan konsep sesuai sesi dari setiap presentasi kelompok!
SISTEM SARAF
Sistem saraf tersusun atas ....
Rangsangan internal adalah ... contohnya ....
Rangsangan eksternal adalah ... contohnya ....
Reseptor adalah ... contohnya ....
Efektor adalah ... contohnya ....
1. Sel saraf
Lengkapilah gambar neuron berikut dan jelaskan fungsi dari setiap nomor tersebut!
Sebutkan dan jelaskan 3 macam neuron berdasarkan fungsinya!Sinaps adalah ....
Zat neotransmitter adalah ... contohnya ....
Impuls saraf adalah ....
Polarisasi adalah ....
Depolarisasi adalah ....
Jelaskan mekanisme penghantaran impuls sel saraf pada gambar berikut!
Tuliskan mekanisme gerak refleks tangan berdasarkan gambar berikut!
Tuliskan mekanisme gerak sadar!
2. Sistem saraf pusat
Sebutkan 3 lapisan pelindung otak (meninges) dari luar ke dalam!
Berikan keterangan pada struktur otak berikut!
Berikan keterangan pada gambar substansi otak dan substansi sumsum tulang belakang berikut beserta fungsinya!
Lengkapilah gambar otak berikut dan sebutkan fungsi dari setiap bagian A - F!
SISTEM HORMON
Hormon adalah ....
Fungsi hormon adalah untuk ....
Kelenjar endokrin disebut juga kelenjar buntu karena ....
Hubungan saraf dan hormon adalah ....
Lengkapilah fungsi hormon pada tabel di bawah ini!
No |
Nama Kelenjar |
Nama Hormon yang dihasilkan |
Fungsi |
1. |
Hipofisis (Pituitari) : -Hipofisis lobus anterior |
-STH -GH |
Merangsang sintesis protein dan metabolisme lemak, serta merangsang pertumbuhan tulang dan otot |
-TSH |
Mengontrol pertumbuha dan perkembangan kelenjar anak gondok |
||
-ACTH |
Merangsang pertumbuhan dan perkembangan aktivitas kulit ginjal dan merangsnag adrenal untuk mensekresikan glukokortikoid |
||
-Prolaktin |
Memelihara korpus luteum untuk memproduksi progesteron dan air susu ibu |
||
-FSH wanita |
Merangsang pematangan folikel ovarium dan menghasilkan hormon estrogen |
||
-LH wanita |
Mempengaruhi pematangan folikel dalam ovarium dan menghasilkan hormon progesteron |
||
-FSH pria |
Merangsang terjadinya spermatogenesis |
||
-ICSH pria |
Merangsang sel-sel interstitial testis untuk memproduksi testosteron dan androgen |
||
|
-Hipofisis pars intermedia |
MSH |
... |
|
-Hipofisis lobus posterior |
Oksitosin |
... |
Vasopresin (ADH) |
... |
||
2. |
Tiroid (kelenjar gondok) |
Tirosin (T4) & Triyodotironin (T3) |
... |
3. |
Paratiroid (kelenjar anak gondok) |
Paratohormon |
... |
4. |
Suprarenalis |
Kortison (Glukokortikoid) dan Mineralokortikoid) |
Glukokortokoid : ... Mineralokortikoid : ... |
Adrenalin |
... |
||
Noradrenalin |
... |
||
5. |
Pankreas |
Insulin |
... |
Glukagon |
... |
||
6. |
Ovarium |
Estrogen |
Menimbulkan dan mempertahankan tanda-tanda kelamin sekunder wanita (perkembangan pinggul, payudara, kulit menghalus), dll |
Progesteron |
Mempersiapkan dinding uterus agar dapat menerima ovum yang sudah dibuahi |
||
7. |
Testis |
Testosteron |
Merangsang pematangan sperma (spermatogensis) |
8. |
Plasenta |
Gonadotropin korion |
Meningkatkan pertumbuhan korpus luteum serta sekresi estrogen dan progesteron oleh korpus luteum |
Estrogen |
Meningkatkan pertumbuhan organ kelmain ibu dan jaringan janin |
||
Progesteron |
Meningkatkan perkembangan jaringan dan organ janin |
||
Somatotropin |
Meningkatkan pertumbuhan jarigan jain serta membantu perkembangan payudara ibu. |
Berikut adalah beberapa kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan hormon. Berikan penjelasan, penyebab, pencegahan dan cara penanganan pada kelainan dan penyakit yang berkaitan dengan hormon tersebut!
a. Kreatinisme
b. Gigantisme
c. Akromegali
d. Tetani
e. Adison
f. Kencing manis
SISTEM INDERA
Mata
Lengkapilah gambar struktur mata di bawah ini beserta fungsinya!
Hidung
Lengkapilah gambar struktur hidung berikut beserta fungsinya!
Telinga
Lengkapilah gambar struktur hidung berikut beserta fungsinya!
Lidah
Lengkapilah gambar struktur lidah berikut beserta fungsinya!
Tuliskan nama saraf lidah beserta fungsinya!
Kulit
Lengkapilah gambar struktur kulit berikut beserta fungsinya!
Tuliskan nama saraf kulit beserta fungsinya!
Selamat Bekerja!!!
by Ai Rohimah, S.Pd
Guru Biologi SMA Pasundan Rancaekek
Sumber gambar :
https://koran.tempo.co/read/ilmu-dan-teknologi/461633/di-balik-sensitivitas-telinga
https://tirto.id/polip-hidung-gejala-ciri-penyebab-dan-tips-mencegahnya-gnH8
https://omniskin.co.id/lapisan-kulit-tubuh-dan-fungsinya-1/
https://www.dictio.id/t/apa-yang-anda-ketahui-tentang-lingua-atau-anatomi-lidah/120279
http://teropongpelajar.blogspot.com/2018/03/jaringan-saraf-pada-manusia.html
https://www.kompas.com/skola/read/2020/11/25/231557269/kelistrikan-pada-sel-saraf?page=all
https://quizizz.com/admin/quiz/5f73d3ad02aaae001bcbb873/soal-anatomi-saraf-otak-kel
https://apacontoh.com/ecology/neuron.html
https://brainly.co.id/tugas/28346217
https://brainly.co.id/tugas/18423650
https://kejarcita.id/bank/questions/94479
https://pak.pandani.web.id/2018/11/dini-berjalan-diperumputan-tanpa-alas.html
https://www.edubio.info/2019/03/mekanisme-gerak-refleks-lutut.html
https://www.quipper.com/id/blog/mapel/biologi/sistem-saraf-biologi-g11/
http://kukerjakanprmu.blogspot.com/2019/09/soal-pilihan-ganda-tentang-hidung.html
https://brainly.co.id/tugas/28673342
Comments
Post a Comment