LKPD 9 ANIMALIA
MATERI BIOLOGI KELAS X
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 9
ANIMALIA
KOMPETENSI DASAR
3.9. Mengelompokkan hewan ke dalam filum berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh simetri tubuh, dan reproduksi.
4.9. Menyajikan laporan perbandingan kompleksitas lapisan penyusun tubuh hewan (diploblastik dan triploblastik), simetri tubuh, rongga tubuh, dan reproduksinya.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui
penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dan
metode diskusi, penugasan, tanya jawab,
dan presentasi, siswa mampu mengelompokkan hewan ke dalam filum berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh simetri tubuh, dan reproduksi dan mampu menyajikan laporan perbandingan kompleksitas lapisan penyusun tubuh hewan (diploblastik dan triploblastik), simetri tubuh, rongga tubuh, dan reproduksinya, sehingga
siswa mampu beriman, bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong
royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, serta dapat mengembangkan
kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi,
berkolaborasi, berkreasi (4C).
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Buatlah beberapa pertanyaan berkaitan dengan gambar di atas!
Perhatikan gambar berikut untuk pendukung mengerjakan tabel!
Pasangkanlah pernyataan berikut dengan kata-kata di sampingnya!
Jawaban |
Pernyataan |
Kunci
Jawaban |
|
Hewan yang
tidak memiliki tulang belakang |
Eukariotik |
|
Hewan yang
belum memiliki rongga tubuh |
Multiseluler |
|
Hewan yang
sudah mempunyai jaringan |
Heterotrof |
|
Lapisan
luar pada hewan |
Invertebrata |
|
Hewan yang
memiliki rongga tubuh |
Vertebrata |
|
Hewan yang
memiliki rangka luar |
Parazoa |
|
Hewan yang
memiliki dua lapisan embrional (ektoderm dan endoderm) |
Eumetazoa |
|
Lapisan
dalam pada hewan |
Simetri bilateral |
|
Hewan yang
memiliki rongga tubuh semu |
Simetri radial |
|
Hewan yang
memiliki tiga lapisan embrional (ektoderm, mesoderm dan endoderm) |
Diploblastik |
|
Hewan yang
memiliki rangka dalam tubuhnya |
Triploblastik |
|
Lapisan
tengah (antara ektoderm dan endoderm) pada hewan |
Aselomata |
|
Hewan yang
mempunyai tulang belakang |
Pseudoselomata |
|
Hewan yang
memiliki tubuh dorsal (bagian atas) dan ventral (bagian bawah), tetapi tidak
memiliki tubuh anterior (bagian depa) dan posterior (bagian
belakang),potongan khayal yang melalui sumbu pusat hewan ke arah manapun akan
membagi tubuh hewan menjadi dua bagian atau lebih bagian yang sama. |
Selomata |
|
Hewan yang
memiliki inti sel yang sudah dilindungi oleh membran inti sel |
Endoskeleton |
|
Hewan yang
memiliki bagian tubuh dorsal (bagia atas) dan ventral (bagian bawah) juga
memiliki bagian tubuh anterior (bagian depan) dan posterior (bagian
belakang), potongan khayal membagi tubuh hewan menjadi dua bagian yang sama
besar pada satu bidang datar. |
Eksoskeleton |
|
Hidup
dengan memangsa makhluk lain |
Ektoderm |
|
Bersel
banyak |
Endoderm |
|
Belum
memiliki jaringan yang sebenarnya |
Mesoderm |
Buatlah kelompok belajar menjadi 9 kelompok :
Kelompok porifera
Kelompok coelenterata/cnidaria
Kelompok platyhelminthes
Kelompok nemathelminthes
Kelompok annelida
Kelompok mollusca
Kelompok arthropoda
Kelompok echinodermata
Kelompok chordata
Simaklah presentasi dari setiap kelompok dan penguatan materi dari gurumu. Kemudian isilah latihan berikut sebagai pendukung penguatan konsep sesuai sesi dari setiap presentasi kelompok!
PORIFERA
Lengkapi struktur porifera berikut beserta fungsinya!
Reproduksi porifera dilakukan secara generatif dan vegetatif.
perhatikan gambar reproduksi generatif porifera berikut!
Secara vegetatif reproduksi porifera membentuk tunas budding dan ... yang terbentuk dari ... ketika lingkungan buruk.
Pilihan Kunci Jawaban :
Gemmule
Arkeosit
Mesenkim (spikula)
Amoebocyt
Lengkapilah tabel klasifikasi porifera berikut (berdasarkan kandungan rangka)!
No |
Perbedaan |
Klasifikasi Porifera |
||
Calcarea |
Hexactinellida |
Demospongiae |
||
1 |
Bahan
rangka |
|
|
|
2 |
Contoh spesies |
|
|
|
3 |
Peranan |
|
|
|
COLENTERATA/CNIDARIA (Hewan berongga/hewan berpenyengat)
Coelenterata merupakan hewan ... atau disebut juga hewan ..., memiliki lapisan tubuh ..., memiliki sistem saraf jala pada bagian ..., memiliki sistem ... dengan mulut tanpa anus, terdapat bagian ... untuk menangkap mangsa dan memasukkan makanan ke dalam mulut, terdapat ... yang mengandung kapsul penyengat yang disebut ..., tubuh mengalami dua fase yaitu fase ... dan fase ....
Lengkapi gambar struktur coelenterata berikut!
Lengkapilah tabel klasifikasi colenterata berikut (berdasarkan fase dominan)!
No |
Perbedaan |
Klasifikasi porifera |
||
Hydrozoa |
Scyphozoa |
Anthozoa |
||
1. |
Bentuk tubuh
|
|
|
|
2. |
Fase hidup
dominan |
|
|
|
3 |
Contoh spesies |
|
|
|
4. |
Peranan |
|
|
|
Lengkapilah tabel perbedaan porifera dan coelenterata berikut!
No |
Perbedaan |
Porifera |
Colenterata |
1. |
Bentuk
tubuh |
|
|
2. |
Ukuran |
|
|
3. |
Simetri
tubuh |
|
|
4. |
Lapisan
tubuh |
|
|
5. |
Rongga
tubuh |
|
|
6. |
Sistem
pencernaan |
|
|
7. |
Sistem
pernapasan |
|
|
8. |
Sistem
ekskresi |
|
|
9. |
Sistem
sirkulasi |
|
|
10. |
Sistem
saraf |
|
|
11. |
Sistem
reproduksi |
|
|
PLATYHELMINTHES
NEMATHELMINTHES
Berikan penjelasan mengenai siklus hidup cacing perut (Ascaris lumbricoides) berikut!
Jelaskan kiat menghindari cacing keremi (Oxuyris vermicularis) yang parasit pada tubuh manusia!
Jelaskan kiat menghindari cacing tambang (Ancylostoma duodenale) yang parasit pada tubuh manusia!
Jelaskan kiat menghindari cacing rambut (Wucheria bancrofti) yang parasit pada tubuh manusia!
ANNELIDA
Jelaskan peranan cacing palolo (Eunice viridis)!
Jelaskan peranan cacing wawo (Lysidice oele)!
Jelaskan peranan cacing tanah (Pheretima sp)!
Jelaskan peranan lintah (Hirudo medicinalis)!
No |
Perbedaan |
Platyhelminthes |
Nemathelminthes |
Annelida |
1. |
Bentuk
tubuh |
|
|
|
2. |
Ukuran |
|
|
|
3. |
Simetri
tubuh |
|
|
|
4. |
Lapisan
tubuh |
|
|
|
5. |
Rongga
tubuh |
|
|
|
6. |
Sistem
pencernaan |
|
|
|
7. |
Sistem
pernapasan |
|
|
|
8. |
Sistem
ekskresi |
|
|
|
9. |
Sistem
sirkulasi |
|
|
|
10. |
Sistem
saraf |
|
|
|
11. |
Sistem reproduksi |
|
|
|
12. |
Bintik
mata |
|
|
|
13. |
Klasifikasi |
|
|
|
14. |
Contoh spesies |
|
|
|
MOLLUSCA
No |
Perbedaan |
Klasifikasi
Mollusca |
||
Gastropoda |
Pelecypoda/Bivalvia |
Cephalopoda
|
||
1. |
Alat gerak
|
|
|
|
2. |
Ukuran |
|
|
|
3. |
Simetri
tubuh |
|
|
|
4. |
Lapisan
tubuh |
|
|
|
5. |
Rongga
tubuh |
|
|
|
6. |
Sistem
pencernaan |
|
|
|
7. |
Sistem
pernapasan |
|
|
|
8. |
Sistem
ekskresi |
|
|
|
9. |
Sistem
sirkulasi |
|
|
|
10. |
Sistem
saraf |
|
|
|
11. |
Sistem
reproduksi |
|
|
|
12. |
Contoh
spesies |
|
|
|
Jelaskan mekanisme proses pembentukkan mutiara pada kerang mutiara!
ARTHROPODA
Lengkapilah struktur arthropoda berikut!
Lengkapilah tabel klasifikasi arthropoda berikut!
No |
Perbedaan |
Arachnoidea |
Myriapoda |
Crustacea |
Insecta |
|
Chilopoda |
Diplopoda |
|||||
1. |
Pembagian
tubuh |
|
|
|
|
|
2. |
Jumlah
kaki |
|
|
|
|
|
3. |
Jumlah antena |
|
|
|
|
|
4. |
Alat pernapasan |
|
|
|
|
|
5. |
Sayap |
|
|
|
|
|
6. |
Ciri khas |
|
|
|
|
|
7. |
Contoh |
|
|
|
|
|
8. |
Peranan dari contoh |
|
|
|
|
|
Metamorfosis adalah ....
Hemimetabola adalah ..., dengan urutan ... contohnya ....
Holometabola adalah ..., dengan urutan ... contohnya ....
Gambar berikut adalah tipe metamorfosis ....
Gambar berikut adalah tipe metamorfosis ....
Apterigota adalah ..., contohnya ....
Pterigota adalah ..., contohnya ....
Eksopterigota adalah ...., contohnya ....
Endopterigota adalah ...., contohnya ....
Jelaskan peranan positif arthropoda!
Jelaskan peranan negatif artropoda beserta penanganan atau cara menghindarinya!
ECHIODERMATA
Lengkapilah struktur echinodermata berikut!
Lengkapilah tabel klasifikasi echinodermata berikut!
No |
Perbedaan |
Asteroidea |
Ophiuroidea |
Echinodea |
Holothuroidea |
Crinoidea |
1. |
Bentuk
tubuh |
|
|
|
|
|
2. |
Letak
mulut dan anus |
|
|
|
|
|
3. |
Habitat |
|
|
|
|
|
4. |
Contoh
spesies |
|
|
|
|
|
5. |
Peranan
dari contoh spesies |
|
|
|
|
|
Mengapa echinodermata disebut sebagai pembersih laut juga sebagai bioindikator perairan?
Mengapa keberadaan bintang laut merugikan bagi pembudidaya kerang/tiram mutiara dan kerang laut?
Lengkapilah tabel perbedaan mollusca, arthropoda dan echinodermata berikut!
No |
Perbedaan |
Mollusca |
Arthropoda |
Echinodermata |
1. |
Bentuk
tubuh |
|
|
|
2. |
Ukuran |
|
|
|
3. |
Simetri
tubuh |
|
|
|
4. |
Lapisan
tubuh |
|
|
|
5. |
Rongga
tubuh |
|
|
|
6. |
Sistem
pencernaan |
|
|
|
7. |
Sistem
pernapasan |
|
|
|
8. |
Sistem
ekskresi |
|
|
|
9. |
Sistem
sirkulasi |
|
|
|
10. |
Sistem
saraf |
|
|
|
11. |
Sistem
reproduksi |
|
|
|
CHORDATA
1. subfilum Urochordata (Tunikata)
2. Subfilum Cephalochordata (Lancelet)
Lengkapilah tabel perbedaan ciri urochordata dan cephalochordata berikut!
No |
Perbedaan |
Urochordata |
Chepalochordata |
1. |
Notokord |
|
|
2. |
Tali saraf |
|
|
3. |
Ekor |
|
|
4. |
Celah
faring |
|
|
5. |
Contoh
spesies |
|
|
6. |
Peranan
dari contoh spesies |
|
|
3. Subfilum Vertebrata
a. Super kelas Agnatha (mulut tidak berahang)
Lengkapilah tabel perbedaan klasifikasi vertebrata berikut!
No |
Perbedaan |
Pisces |
Amphibia |
Reptil |
Aves |
Mamalia |
1. |
Penutup
tubuh |
|
|
|
|
|
2. |
Suhu tubuh |
|
|
|
|
|
3. |
Perkembangbiakan
|
|
|
|
|
|
4. |
Fertiisasi
|
|
|
|
|
|
5. |
Respirasi |
|
|
|
|
|
6. |
Ruang jantung |
|
|
|
|
|
7. |
Alat gerak
|
|
|
|
|
|
Jelaskan peranan positif salah satu spesies vertebrata!
Jelaskan peranan negatif salah satu spesies vertebrata!
Selamat Bekerja!!!
by Ai Rohimah, S.Pd
Guru Biologi SMA Pasundan Rancaekek
Sumber gambar :
https://www.zenius.net/blog/kingdom-animalia-materi-biologi-kelas-10
https://id.wikipedia.org/wiki/Porifera
https://www.proprofs.com/quiz-school/story.php?title=remidi-uh3animalia-klsx
https://biologibatik1.wordpress.com/2010/02/27/porifera/
https://www.wikiwand.com/id/Koral
http://novataxa.blogspot.com/2017/04/hydroids-bay-of-fundy.html
https://artikelsiana.com/coelenterata-pengertian-ciri-klasifikasi-peranan/
https://agrotek.id/hewan/coelenterata/
https://www.proprofs.com/quiz-school/id/story.php?title=mtgyode3nwfe1i
http://biologijuara.blogspot.com/2018/11/kingdom-animalia-kelas-x-semester-2.html
http://fakhrunita.byethost14.com/klasifikasi.htm?i=1
https://www.orami.co.id/magazine/filum-platyhelminthes
https://www.pengertianku.net/2022/12/contoh-hewan-platyhelminthes.html
http://cardiovasculargma.weebly.com/-lrmtaenia-saginata-tapeworm.html
https://www.merdeka.com/sehat/cacing-ternyata-bisa-hidup-di-mata-manusia.html
https://en.wikivet.net/Fasciola_hepatica
https://hellosehat.com/infeksi/infeksi-melalui-makanan/cacing-pita/
https://www.detik.com/tag/taenia-saginata
https://gulpmatrix.com/morphology-and-lifecycle-of-taenia-saginata/
https://www.dictio.id/t/bagaimana-gejala-klinis-penyakit-parasit-sistiserkosis-dan-taeniasis/27337
https://www.alodokter.com/komunitas/topic/cacing-tambang-dikulit
https://www.tanjungpinangpos.co.id/daur-hidup-cacing-tambang/
https://www.medkes.com/2017/01/penyakit-kaki-gajah-gejala-penyebab-pencegahan.html
https://medlab.id/ascaris-lumbricoides/
https://www.liputan6.com/global/read/2544600/hiii-kumpulan-cacing-kremi-bersarang-di-usus-gadis-ini
https://aslam02.wordpress.com/materi/kelas-x-2/kingdom-animalia/nematyhelminthes/
https://www.liputan6.com/news/read/2245629/ragam-ulah-cacing-tanah
https://akvodecor.com/jenis-jenis-cacing-kipas-yang-biasanya-ada-di-aquarium-air-laut/
https://biologigonz.blogspot.com/2010/04/lumbriscus-terestris-c-tanah.html
https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6177008/pengertian-mollusca-ciri-ciri-dan-klasifikasinya
https://www.merdeka.com/pendidikan/yuk-belajar-tentang-hewan-lunak-mollusca-yang-bercangkang.html
https://www.balaibahasajateng.web.id/materi-sekolah/981/10-contoh-hewan-mollusca-yang-menakjubkan
https://www.psychologymania.com/2022/04/anatomi-kerang-bivalvia.html
https://www.pelajaran.co.id/ciri-ciri-klasifikasi-dan-pembagian-kelas-arthropoda-beserta-gambar/
https://www.merdeka.com/jateng/ciri-ciri-arthropoda-beserta-contoh-hewannya-perlu-diketahui-kln.html
https://www.orami.co.id/magazine/filum-arthropoda
https://www.edubio.info/2015/02/filum-arthropoda.html
https://www.bola.com/ragam/read/4486287/ciri-ciri-dan-jenis-arthropoda-yang-perlu-diketahui
https://www.amongguru.com/fakta-unik-tentang-ulat-sutera-penghasil-kain-lembut-bernilai-tinggi/
https://lottemart.co.id/smartalog/inspirasi/jenis-udang-laut-yang-bisa-dimakan
https://bobo.grid.id/read/08676542/5-fakta-hewan-kaki-seribu-benarkah-memiliki-seribu-kaki
https://benihpertiwi.co.id/kumbang-koksi-predator-alami-kutu-daun-aphid/#.ZANuYnZBzIU
https://mediaindonesia.com/humaniora/433313/ini-hewan-hewan-yang-menjalani-metamorfosis-sempurna
https://berita.99.co/contoh-hewan-yang-mengalami-metamorfosis-tidak-sempurna/
https://www.belajarsampaimati.com/2022/10/apakah-semua-bintang-laut-memiliki-lima.html
https://daftarhewan.com/bintang-laut/
https://hellosehat.com/hidup-sehat/pertolongan-pertama/tertusuk-bulu-babi/
https://jogja.tribunnews.com/2015/02/04/si-timun-laut-yang-kaya-manfaat
https://techno.okezone.com/read/2013/02/05/56/756808/landak-laut-hewan-penghisap-gas-co2-di-laut
https://www.istockphoto.com/id/foto-foto/lili-laut
https://www.lintashaba.com/lingkungan/bagaimana-mereka-beraktivitas-inilah-7-hewan-tanpa-otak
https://biologigonz.blogspot.com/2010/01/asteroidea.html
https://www.biologiedukasi.com/2015/08/ciri-ciri-dan-klasifikasi-echinodermata.html
http://www.mesa.edu.au/tunicates/
https://www.youtube.com/watch?v=UgEWwYE2MOs
http://paleo3d.uv.es/taxonomia/vertebrados/subphylum-urochordata/
https://allyouneedisbiology.wordpress.com/tag/cephalochordata/
https://comenius.susqu.edu/biol/202/animals/deuterostomes/cephalochordata/cephalochordata.html
http://zoologywithratnesh.blogspot.com/2014/06/sub-phylum-cephalochordata.html
https://www.harapanrakyat.com/2023/01/perbedaan-aves-dan-mamalia/
https://biology.umm.ac.id/id/berita/10-katak-unik-di-dunia.html
Comments
Post a Comment