LKPD 8 SISTEM EKSKRESI


MATERI BIOLOGI KELAS XI

LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 8

SISTEM EKSKRESI

Kompetensi Dasar : 

3.9. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem ekskresi dalam kaitannya dengan bio proses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem ekskresi manusia.

4.9. Menyajikan hasil analisis pengaruh pola hidup terhadap kelainan pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan pada sistem ekskresi serta kaitannya dengan teknologi.


TUJUAN PEMBELAJARAN

Melalui penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Sintak George lucas dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dan metode diskusi, penugasan, tanya jawab, dan presentasi, peserta didik mampu menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem ekskresi dalam kaitannya dengan bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem ekskresi manusia dan peserta didik mampu menyajikan hasil analisis pengaruh pola hidup terhadap kelainan pada struktur dan fungsi organ yang menyebabkan gangguan pada sistem ekskresi serta kaitannya dengan teknologi, sehingga peserta didik mampu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).


KEGIATAN PEMBELAJARAN



Bacalah informasi kasus penjualan ginjal dari link berikut :

https://regional.kompas.com/read/2022/11/25/131300378/7-kasus-viral-niat-jual-ginjal-di-indonesia-untuk-pengobatan-sang-adik?page=all

Buatlah beberapa pertanyaan berkaitan dengan informasi dari link tersebut!


Buatlah kelompok belajar menjadi 4 kelompok belajar :

Kelompok ginjal

Klik link berikut untuk praktik uji urine


Kelompok hati

Kelompok kulit

Kelompok paru-paru

Simaklah presentasi dari setiap kelompok dan penguatan materi dari gurumu. Kemudian isilah latihan berikut sebagai pendukung penguatan konsep sesuai sesi dari setiap presentasi kelompok!


Jelaskan pengertian sistem ekskresi dan osmoregulasi!

Sebutkan 3 fungsi sistem ekskresi!

Sebutkan 4 alat sistem ekskresi!


GINJAL

Lengkapilah gambar letak ginjal berikut!


Lengkapilah gambar struktur ginjal berikut!

Lengkapilah gambar struktur nefron berikut!

Lengkapilah  tabel proses pembentukan urine berikut!

Tabel proses pembentukan urine

NO

Tahap – Tahap Pembentukkan Urine

Pengertian (proses apakah)

Tempat terjadi

Hasil

Kandungan Hasil

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi urine!


Jelaskan fungsi hormon insulin!


Bagaimana kerja hormon ADH dan urine yang dihasilkan saat kita kehausan (kurang minum, suhu tinggi)!


Bagaimana kerja hormon ADH dan urine yang dihasilkan saat kita banyak minum (suhu rendah/dingin)!


Bagaimana frekuensi pengeluaran urine orang yang diam di dataran tinggi dan sebaliknya orang yang tinggal di dataran rendah!


Jelaskan perbedaan diabetes melitus dan diabetes insipidus!


HATI

Lengkapilah gambar struktur hati berikut!

Sebutkan 5 fungsi hati!


Mengapa hati merupakan bagian organ yang termasuk ke dalam sistem ekskresi!


KULIT

Lengkapilah struktur kulit berikut!

Sebutkan 5 fungsi kulit!

Mengapa kulit merupakan bagian organ yang termasuk ke dalam sistem ekskresi!


PARU-PARU

Mengapa paru-paru merupakan bagian organ yang termasuk ke dalam sistem ekskresi!


Analisis pengaruh pola hidup yang menyebabkan kelainan dan penyakit atau gangguan pada sistem ekskresi manusia, kemudian tuliskan hasil analisis pada berbagai media yang kalian minati (power point, info grafis, tulis tangan pada kertas A4, video, dll), hasil analisis meliputi :

1. Pengertian penyakit

2. Gejala penyakit

3. Pencegahan penyakit

4. Penanggulangan penyakit

5. Teknologi (jika ada) penanggulangan penyakit


Selamat Bekerja!!!



by Ai Rohimah, S.Pd

Guru Biologi SMA Pasundan Rancaekek


Sumber gambar :

https://regional.kompas.com/read/2022/11/25/131300378/7-kasus-viral-niat-jual-ginjal-di-indonesia-untuk-pengobatan-sang-adik?page=all

https://roboguru.ruangguru.com/question/perhatikan-gambar-letak-ginjal-berikut-beri-keterangan-pada-bagian-yang-diberi-label_QU-2AT6C2E8

https://roboguru.ruangguru.com/question/perhatikan-gambar-struktur-ginjal-berikut-ini-secara-berurutan-bagian-yang-merupakan-pelvis_ehYn4UNJ5Na

https://roboguru.ruangguru.com/question/lengkapi-nama-bagian-struktur-nefron-berikut-nama-bagian-nefron-ginjal-nomor-7_QU-AS9DX3LF

https://kejarcita.id/bank/questions/54969

https://roboguru.ruangguru.com/question/perhatikan-gambar-penampang-kulit-di-bawah-ini-bagian-yang-menghasilkan-zat-yang_8BSZGerbh73

https://kumparan.com/kabar-harian/struktur-paru-paru-pada-tubuh-manusia-dan-fungsinya-1xh6apvWxEt

https://www.halodoc.com/artikel/3-fungsi-anatomi-kulit-bagi-tubuh-manusia

https://www.dw.com/id/inilah-kebiasaan-buruk-yang-ganggu-fungsi-hati-anda/a-50758932

https://www.liputan6.com/citizen6/read/5103469/ini-penyebab-gagal-ginjal-akut-dan-cara-pencegahannya

Comments

Popular posts from this blog

LKPD 3 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD 9 SISTEM KOORDINASI