Praktik Pengamatan Tumbuhan Gymnospermae
MATERI BIOLOGI SMA KELAS X
Praktik Pengamatan Gymnopsermae
A. TUJUAN
Mengamati ciri-ciri tumbuhan gymnospermae
B. BAHAN DAN ALAT
BAHAN :
1. Daun tumbuhan pinus, pakis haji, melijo
4. Strobilus jantan dan betina pinus, pakis haji dan melinjo
4. Air (sedikit, untuk diteteskan pada kaca objek saat melakukan pengamatan menggunakan mikroskop)
5. Tissue
Catatan :
1. Jika pengambilan bahan praktik sehari sebelum praktik atau dibawa dari rumah, teteskan beberapa tetes air atau pada tempat/wadah yang bisa diisi air (misalnya bekas air mineral) agar bagian tumbuhan gymnospermae tersebut tidak mengering.
2. Tumbuhan paku yang digunakan untuk praktik tidak harus sesuai bahan yang diminta, bawalah tumbuhan yang kalian temui sehari-hari di lingkungan sekolah atau rumah kalian seperti melinjo, pinus, pakis haji, dll
ALAT :
1. Lup/kaca pembesar
2. Mikroskop
3. Pisau atau cutter untuk mengambil contoh spesies tumbuhan gymnospermae
4. Piring atau gelas arloji atau kertas HVS untuk menyimpan spesies tumbuhan gymnospermae
5. Kaca objek dan kaca penutup
6. Pinset
7. Pipet tetes
C. CARA KERJA
1. Amati bagian tumbuhan gymnospermae dengan menggunakan lup.
2. Amati bagian terkecil tumbuhan gymnospermae pinus dan melinjo menggunakan mikroskop dengan mengambil bagian kecil tumbuhan gymnospermae (keluarkan biji yang terdapat pada strobilus betina) tersebut menggunakan pinset, lalu letakkan di atas kaca objek, beri beberapa tetes air, kemudian tutup dengan kaca penutup, jika ada kelebihan air seraplah dengan tissue atau cukup mengamatinya dengan menggunakan lup.
3. Literasi menggunakan buku sumber atau sumber lainnya yang relevan seperti sumber dari google dll, yang dapat membantu pemahaman dalam pengamatan.
4. Catat dan gambarlah hasil pengamatanmu.
D. DATA HASIL PENGAMATAN
No |
Perbedaan |
Cycadophyta |
Coniferophyta |
Gnetophyta |
Ginkgophyta |
1. |
Gambar |
|
|
|
|
2. |
Ciri-ciri |
|
|
|
|
3. |
Contoh |
|
|
|
|
4. |
Peranan |
|
|
|
|
E. ANALISIS DATA HASIL PENGAMATAN
1. Apakah ciri utama tumbuhan gymnospermae?
2. Jelaskan perbedaan ciri kelas tumbuhan cicadinae, coniferae, gnetinae, dan ginkonae!
3. Tuliskan 3 contoh spesies dari setiap kelas gymnospermae!
4. Tuliskan skema reproduksi tumbuhan gymnospermae berdasarkan gambar berikut!
5. Disebut apakah organ kelamin jantan pada tumbuhan gymnospermae? Dan apa yang dihasilkan oleh organ kelamin tersebut?
6. Disebut apakah organ kelamin betina pada tumbuhan gymnospermae? Dan apa yang dihasilkan oleh organ kelamin tersebut?
7. Mengapa kita sering menemukan tumbuhan melinjo tidak dapat menghasikan buah?
8. Tuliskan peranan tumbuhan gymnospermae (menguntungkan dan merugikan) bagi manusia!
F. KESIMPULAN
E. REFLEKSI
by Ai Rohimah, S.Pd
Guru Biologi SMA Pasundan Rancaekek
Sumber gambar :
https://brainly.co.id/tugas/22556895
Sumber :
Pratiwi, D.A. dkk. 2017. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.
Irnaningtiyas. 2016. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.
Pujiyanto, Sri. Siti Ferniah, Rejeki. 2016. Menjelajahi Dunia Biologi 1. Solo. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Syamsuri, Istamar. 2009. Panduan Praktikum Terpilih Biologi SMA untuk Kelas X. Erlangga.
Umaimah, dkk. 2014. Buku Petunjuk Eksperimen Biologi SMA/MA Kelas X. PT. Katalis Datesa Prima.
Comments
Post a Comment