LKPD 7 PLANTAE
MATERI BIOLOGI SMA KELAS X
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 7
PLANTAE
Kompetensi Dasar:
KD 3.9. Mengelompokkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan ciri-ciri umum, serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan.
KD 4.9. Menyajikan laporan hasil pengamatan dan analisis fenetik dan filogenetik tumbuhan serta peranannya dalam kehidupan.
Tujuan Pembelajaran :
Melalui penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dan metode diskusi, penugasan, tanya jawab, dan presentasi, peserta didik mampu mengelompokkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan ciri-ciri umum, serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan dan mampu menyajikan laporan hasil pengamatan dan analisis fenetik dan filogenetik tumbuhan serta peranannya dalam kehidupan, sehingga peserta didik mampu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).
Kegiatan Pembelajaran
Kalian tentu telah mengetahui bahwa kita bernapas dengan menghirup oksigen karena keberadaan tumbuhan sebagai penghasil oksigen saat tumbuhan tersebut melakukan fotosintesis, tumbuahn juga juga merupakan produsen dalam rantai makanan ataupun jaring-jaring makanan dalam ekosistem. Dalam kehidupan sehari-hari kalian juga sudah menyadari keberadaan tumbuhan bukan hanya sebagai penghasil oksigen akan tetapi juga berbagai manfaat lain seperti penyedia pangan bagi manusia. Kalian juga sudah mengetahui betapa banyak dan beragamnya tumbuhan atau plantae ini.
Buatlah pertanyaan berkaitan dengan informasi di atas!
Buatlah kelompok belajar menjadi 6 kelompok berikut :
Kelompok tumbuhan lumut, klik link berikut :
https://www.biologismaaraa.id/2023/01/praktik-pengamatan-lumut.htmlKelompok tumbuhan paku, klik link berikut :
https://www.biologismaaraa.id/2023/01/praktik-pengamatan-paku.html
Kelompok tumbuhan gymnospermae, klik link berikut :
https://www.biologismaaraa.id/2023/01/praktik-pengamatan-tumbuhan-gymnospermae.html
Kelompok tumbuhan anggiospermae
Kelompok tumbuhan monokotil
Kelompok tumbuhan dikotil
Simaklah presentasi dari setiap kelompok dan penguatan materi dari gurumu. Kemudian isilah latihan berikut sebagai pendukung penguatan konsep sesuai sesi dari setiap presentasi kelompok!
Jelaskan perbedaan mendasar kingdom protista (protista menyerupai tumbuhan), kingdom fungi dan kingdom plantae pada tabel berikut!
NO |
PERBEDAAN |
POTISTA
MIRIP TUMBUHAN |
FUNGI
BASIDIOMYCOTA |
PLANTAE |
1. |
Struktur sel |
|
|
|
|
-
Jumlah sel |
|
|
|
|
-
Tipe sel |
|
|
|
|
-
Dinding sel |
|
|
|
2. |
Cara hidup |
|
|
|
TUMBUHAN LUMUT DAN TUMBUHAN PAKU
Struktur Lumut
Struktur Paku
NO |
PERBEDAAN |
LUMUT |
PAKU |
1. |
Ada tidaknya pembuluh |
|
|
2. |
Ada tidaknya biji |
|
|
3. |
Tipe bagian tubuh |
|
|
4. |
Fase hidup terlama |
|
|
5. |
Spora fase sporofit |
|
|
No |
Perbedaan |
Lumut hati (Hepaticopsida) |
Lumut daun (Bryopsida) |
Lumut tanduk (Athocherotopsida) |
1. |
Gambar |
|
||
2. |
Ciri utama |
|
|
|
3. |
Contoh spesies |
|
|
|
4. |
Peranan |
|
|
|
Daur metagenensis lumut
Daur metagenesis pakuPerbedaan tumbuhan paku homospora (isospora), paku heterospora (anisospora), dan paku peralihan berdasarkan metagenesis paku berikut!
No |
Perbedaan |
Paku purba |
Paku sejati |
Paku kawat |
Paku ekor kuda |
1. |
Gambar |
|
|
|
|
2. |
Ciri |
|
|
|
|
3. |
Contoh |
|
|
|
|
4. |
Peranan |
|
|
|
|
TUMBUHAN GYMNOSPERMAE DAN ANGIOSPERMAE
Buat tabel perbedaan gymnospermae dan angiospermae
No |
Perbedaan |
Gymnospermae |
Angiospermae |
1. |
Ada tidaknya pembuluh |
|
|
2. |
Ada tidaknya biji |
|
|
3. |
Jenis biji |
|
|
4. |
Tipe bagian tubuh |
|
|
5. |
Reproduksi (pembuahan) |
|
|
Reproduksi gymnospermae
Reproduksi angiospermae
Buat tabel perbedaan fase generatif gymnoospermae dan angiospermae!
No |
Perbedaan
reproduksi generatif |
Gymnospermae |
Angiospermae |
1. |
Banyaknya pembuahan |
|
|
2. |
Mekanisme pembuahan |
|
|
Tabel perbedaan klasifikasi gymnospermae
No | Perbedaan | Cycadophyta | Coniferophyta | Gnetophyta | Ginkgophyta |
1. | Gambar |
|
|
|
|
2. | Ciri |
|
|
|
|
3. | Contoh |
|
|
|
|
4. | Peranan |
|
|
|
|
Tabel perbedaan klasifikasi tumbuhan angiospermae
No |
Perbedaan |
Contoh
Spesies |
Peranan |
1. |
Klasifikasi Monokotil (Liliopsida) |
- |
- |
|
Asparagales |
|
|
Arecales |
|
|
|
Poales |
|
|
|
Zingiberales |
|
|
|
Caryophyllales |
|
|
|
Pandanales |
|
|
|
2. |
Klasifikasi Dikotil (Magnoliopsida) |
- |
- |
|
Casuarinales |
|
|
Capcarales |
|
|
|
Malvales |
|
|
|
Myrtales |
|
|
|
Fabales |
|
|
|
Gentinales |
|
|
|
Compositae (Asteraceae) |
|
|
|
Piperales |
|
|
|
Rosales |
|
|
|
Solanales |
|
|
|
Magnoliales |
|
|
|
Caryophyllales |
|
|
|
Nymphales |
|
|
|
Sapindales |
|
|
TUMBUHAN DIKOTIL DAN MONOKOTIL
Perbedaan tumbuhan dikotil dan monokotil
Peranan tumbuhan (peranan positif atau peranan negatif) secara spesifik (buatlah karya tulis tentang salah satu peranan tumbuhan, boleh satu spesies tumbuhan, jika ada silahkan sertakan caranya, efek samping jika ada, jangan lupa sertakan klasifikasinya, buat dalam tulisan yang menarik untuk dibaca, hanya satu lembar (kertas A4 atau kertas buram atau dalam buku tugas), boleh beserta dengan gambarnya!)
Selamat Bekerja!!!
by Ai Rohimah, S.Pd
Guru Biologi SMA Pasundan Rancaekek
Sumber gambar :
https://www.gurupendidikan.co.id/pengertian-bryophyta/
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2019/09/16/tanaman-paku
https://kumpulan1soaldanjawaban.blogspot.com/2018/03/gymnospermae-klasifikasi-reproduksi.html
https://contohsurat.co/dikotil-monokotil/
https://gim-bi.com/tumbuhan-dikotil/
https://seputarilmu.com/2020/01/lumut-daun.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Anthoceros
https://www.greeners.co/flora-fauna/spesies-paku-purba-sudah-ada-sejak-jutaan-tahun-silam/
https://santuynesia.com/tumbuhan-paku-kawat
https://www.mikirbae.com/2016/02/ciri-umum-tumbuhan-paku.html
https://biosejati.wordpress.com/2012/08/17/bagan-metagenesis-tumbuhan-paku/
Comments
Post a Comment