LKPD 9 EVOLUSI


MATERI BIOLOGI SMA KELAS XII

LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 9

EVOLUSI

Kompetensi Dasar:

KD 3.9. Menjelaskan teori, prinsip dan mekanisme evolusi serta pandangan terkini para ahli terkait spesiasi.

KD 4.9. Menyajikan karya ilmiah terhadap gagasan baru tentang kemungkinan-kemungkinan pandangan evolusi berdasarkan pemahaman yang dimilikinya.  

Tujuan Pembelajaran :

Melalui penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dan metode diskusi, penugasan, tanya jawab, dan presentasi, peserta didik mampu menjelaskan teori, prinsip dan mekanisme evolusi serta pandangan terkini para ahli terkait spesiasi dan mampu menyajikan karya ilmiah terhadap gagasan baru tentang kemungkinan-kemungkinan pandangan evolusi berdasarkan pemahaman yang dimilikinya, sehingga peserta didik mampu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).

Kegiatan Pembelajaran

Salah satu sikap ilmiah adalah memiliki rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Beberapa orang di masa lalu tentu ada yang memiliki sikap ilmiah tersebut. Salah satunya ingin mengetahui bagaimana alam semesta beserta segala isinya termasuk makhluk hidup terbentuk. Kalian tentu telah mengenal teori evolusi Darwin. Evolusi berasal dari kata to evolve (bahasa inggris) yang artinya berkembang atau berubah secara perlahan-lahan, asal katnya adalah evolut (Latin) yang berarti menggulir. Biologi evolusi adalah disiplin ilmu cabang biologi yang membahas semua perubahan-perubahan yang terjadi di permukan bumi sejak awal mula sejarah bumi, sampai menimbulkan kehidupan (sel), dan keanekaragaman makhluk hidup dewasa ini.

Bagi kalian yang beragama islam tentu sejak kecil sudah diberikan informasi mengenai penciptaan Adam AS hingga turun ke bumi bersama Hawa melalui cerita dongeng sebelum tidur, sekolah PAUD, TK atau ketika kalian belajar mengaji sore hari di mesjid bersama kakak pengajar dan ustadz maupun ustadzah.  Dalam beberapa sumber mengatakan bahwa Adam turun ke bumi disertai dengan bekal delapan pasang hewan ternak. Dalam surat An-Naziat ayat 27 - 32 dari beberapa sumber tafsiran bahwa alam semesta tercipta dari ledakan besar (mendukung teori Big Bang) sehingga alam semesta terbetuk selama 6 masa.

Sebagai pemantik untuk belajar Evolusi boleh kalian mengingat kembali penciptaan Adam AS kemudian ceritakanlah di depan kelas oleh perwakilan salah satu di antara kalian. Tuliskan juga arti surat An - Naziat ayat 27 - 32 beserta tahap 6 masa pembentukkan alam semesta oleh 12 orang perwakilan di antara kalian.

Buatlah beberapa pertanyaan berkaitan dengan informasi di atas!


Buatlah kelompok belajar menjadi 6 kelompok :


Kelompok asal usul makhluk hidup

Kelompok evolusi biologi

Kelompok teori-teori evolusi

Kelompok fakta evolusi

Kelompok spesiasi

Kelompok mekanisme evolusi


Simaklah presentasi dari setiap kelompok dan penguatan materi dari gurumu. Kemudian isilah latihan berikut sebagai pendukung penguatan konsep sesuai sesi dari setiap presentasi kelompok!


ASAL USUL MAKHLUK HIDUP

1.       Teori abiogenesis klasik (generatio spontanea) 

        Abiogenesis adalah ....

        Generatio spontaea adalah ....

        Nama ilmuwan yang mencetuskan teori abiogenesis ... tahun ....

2.       Teori biogenesis

        Biogenesis adalah ....

        Omne vivum ex ovo, artinya ....

        Omne ovum ex vivo, artinya ....

        Omne vivum ex vivo, artinya ....

        Perhatikan gambar perangkat percobaan berikut!

        


        Nama ilmuwan yang melakukan perangkat percobaan di atas ... tahun ....

        Keterangan percobaan ....

        Kesimpulan percobaan ....


        Nama ilmuwan yang melakukan perangkat percobaan di atas ... tahun ....

        Keterangan percobaan ....

        Kesimpulan percobaan ....


        Nama ilmuwan yang melakukan perangkat percobaan di atas ... tahun ....

        Keterangan percobaan ....

        Kesimpulan percobaan ....

3.       Teori abiogenesis modern (evolusi kimia)

        Abiogenesis modern adalah ....

        Pencetus teori abiogenesis modern adalah ... tahun ....

        Perhatikan perangkat percobaan berikut!

        


        Keterangan percobaan ....

        Kesimpulan percobaan ....

4.       Teori abiotik lain 

        Panspermia adalah ....


EVOLUSI BIOLOGI


Buat skema/bagan rekontruksi asal usul prokariotik dari kata-kata berikut!

-Prokariotik purba (archaebactera)

-Evolusi hewan

-Protobion (koaservat, mikrosfir, liposom)

-Molekul anorganik

-Evolusi tumbuhan

-Monomer organik (CH4, NH3, H2 dan H2O)

-Progenot

-Eukariotik


Jelaskan asal - usul eukariotik berdasarkan rekonstruksi bagan evolusi eukariotik berikut!



Jelaskan evolusi tumbuhan berdasarkan rekonstruksi bagan evolusi tumbuhan berikut!




Jelaskan evolusi hewan berdasarkan rekonstruksi bagan evolusi hewan berikut!


TEORI-TEORI EVOLUSI

Perubahan geologis berlangsung pelan-pelan tapi pasti, adlah teori ... dikemukakan oleh ....

Proses-proses geologis menuruti pola yang seragam, sehingga kecepatan dan pengaruh perubahan selalu seimbang dalam kurun waktu, adalah teori ... dikemukakan oleh ....

Teori tentang penciptaan yang terjadi dalam sekali waktu kehidupan sekaligus lengkap, kemudian selesai dan tak ada lagi evolusi atau perubahan, adalah teori ... dikemukan oleh ....

Keanekaragaman makhluk hidup dihasilkan oleh nenek moyang yang umum, dan muncul tau punahnya makhluk hidup disebabkan oleh bencana alam, adalah teori ... dikemukakan oleh ....

Sifat fenotip yang diperoleh dari lingkungannya dapat diwariskan kepada keturunannya sehingga menyebabkan evolusi, adalah teori ... dikemukakan oleh ....

Sifat fenotip yang diperoleh dari lingkungannya dapat diwariskan kepada keturunannya sehingga menyebabkan evolusi, dikemukakan oleh ....

Evolusi disebabkan oleh proses seleksi alam, adalah teori ... dikemukakan oleh ....


FAKTA EVOLUSI

Jelaskan alasan mengapa adanya variasi makhluk hidup menjadi faktor pendukung atau fakta bahwa evolusi terjadi!

Jelaskan alasan mengapa fosil dapat menjadi faktor pendukung atau fakta bahwa evolusi terjadi!

Homologi adalah ... contohnya ....

Analogi adalah ... contohnya ....


SPESIASI


MEKANISME EVOLUSI



Setelah kalian belajar mengenai berbagai teori evolusi terdahulu dan teori evolusi yang berkembang saat ini oleh para ahli, buatlah gagasan baru tentang kemungkinan-kemungkinan pandangan evolusi berdasarkan pemahaman kalian dalam sebuah karya tulis dalam kertas A4 berupa tulisan tangan atau print atau boleh menggunakan media lainnya seperti aplikasi ataupun kertas lainnya, gunakan kreativitas agar tulisanmu dapat diminati untuk dibaca oleh orang lain.



by Ai Rohimah, S.Pd

Guru Biologi SMA Pasundan Rancaekek

 

Sumber :

Aryulina, Diah. dkk. 2007. Biologi 3. Esis. Jakarta. Erlangga.



https://www.ruangguru.com/blog/teori-asal-usul-kehidupan

https://biologigonz.blogspot.com/2009/12/experiment-miller.html

https://fathul1600.wordpress.com/2020/04/20/rekonstruksi-pohon-filogenetik-dan-analisis-evolusi-molekuler/

 

Comments

Popular posts from this blog

LKPD 3 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD 9 SISTEM KOORDINASI