LKPD 3 JARINGAN HEWAN


 BIOLOGI SMA KELAS XI

LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 3

JARINGAN HEWAN

KOMPETENSI DASAR :

3.4. Menganalisis keterkaitan antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan.

4.4.    Menyajikan data hasil pengamatan struktur jaringan dan organ pada hewan.

TUJUAN PEMBELAJARAN :

Melalui penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dan metode diskusi, penugasan, tanya jawab, dan presentasi, siswa mampu menganalisis keterkaitan antara struktur sel pada jaringan hewan dengan fungsi organ pada hewan dan mampu menyajikan data hasil pengamatan struktur jaringan dan organ pada hewan, sehingga siswa mampu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).

 

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Seblak tulang .... Usia kalian saat ini sepertinya hal yang jarang belum pernah mencoba seblak tulang dengan berbagai level pedas. Ternyata makanan tersebut peminatnya cukup banyak ya apalagi jika ditambah dengan toping lainnya sebagai penambah selera. Ada juga orang yang mengkonsumsi tulang ceker ayam untuk mendapat sejumlah manfaat kandungan tulang ceker ayam salah satunya adalah kalsium. Kalsium ini sangat bermanfaat pada tubuh diantaranya adalah sebagai salah satu zat neurotransmitter yang menyampaikan informasi dari satu sel saraf ke sel saraf yang lainnya. Salah satu produk yang mengusung kandungan kalsium adalah kerupuk ceker ENOK'AI yang di produksi oleh Khozanah Food. 

Buatlah beberapa pertanyaan berkaitan dengan informasi di atas!

....

Siswa membentuk kelompok belajar menjadi 5 kelompok belajar sesuai tema yang dipilih/ditentukan.

Tulis pada kertas HVS mengenai pengertian, ciri/struktur (gambar), fungsi, macam/jenis, contoh dan letak masing-masing jaringan hewan berikut!

Kelompok 1. Jaringan epitel

Kelompok 2. Jaringan ikat

Kelompok 3. Jaringan otot

Kelompok 4. Jaringan saraf

Kelompok 5. Sistem Organ

Praktik mengamati jaringan dan organ pada tumbuhan, klik link berikut :

 

Setelah melakukan praktik dan diskusi dalam kelompok dan antar kelompok belajar, perkuatlah materi yang kalian dapatkan dengan mengisi pertanyaan berikut ini!

Jaringan adalah ....

Organ adalah ....

Sistem organ adalah ....

Sel punca adalah ....

Pasangkanlah pernyataan berikut dengan benar!

Pernyataan/Gambar

Pilihan jawaban

1.       Jaringan yang terdiri dari sel-sel saraf atau neuron, yang berperan mengirimkan sinyal-sinyal ke seluruh tubuh (menerima dan memindahkan rangsangan dari bagian tubuh yang satu ke bagian yang lain), secara struktur memiliki bagian sel atau perikarion, prosesus (penjuluran sitoplasma) yang terdiri dari dendrite dan akson badan sel memiliki inti sel dan penjuluran sitoplasma, dendrit adalah serabut khusus yang bercabang-cabang dan berfungsi menerima sinyal dan menyampaikan ke badan sel, akson adalah serabut panjang yang berfungsi menghantarkan impuls dari badan sel ke neuron lain atau menyampaikan renspons ke organ efektor. Akson sering kali diselubungi oleh sel penyokong yang disebut sel schwann badan sel saraf yang dilapisi oleh jaringan pengikat padat berkumpul membentuk ganglion (ganglion terdapat di luar system saraf pusat, yaitu di tempat-tempat tertentu misalnya di kiri kanan sumsum tulang belakang).

Jaringan saraf

2.    Jaringan yang paling banyak terdapat didalam tubuh, berkembang dari mesenkim yang berasal dari mesoderm(lapisan tengah embrio), jaringan penyambung (merupakan jaringan yang selalu berhubungan dengan jaringan lainnya atau organ-organ), dengan ciri/struktur yang terdiri dari  matriks (serat kolagen, erat elastin, serat retikuler, bahan dasar) dan sel-sel jaringan ikat (fibroblast, sel lemak, sel plasma, makfrofag, sel tiang), jaringan ini berfungsi untuk penghubung jaringan satu dengan yang lain, penyokong, memperkuat jaringan lain, melindungi organ-organ tubuh, menyimpan energy (jaringan lemak), membentuk struktur tubuh (tulang), menyusun system sirkulasi(darah), melekatkan suatu jaringan ke jaringan lainnya, membungkus organ-organ, mengisi rongga di antara organ-organ, menghasilkan imunitas.

Jaringan epitel

3.       Jaringan yang tersusun atas sel-sel otot yang berperan dalam pergerakan organ tubuh (anggota tubuh), dimana kemampuan otot untuk berkontraksi disebabkan oleh adanya serabut kontraktil/protein kontraktil, serabut kontraktil ini tersusun atas filamen atau benang aktin dan miosin, secara struktur sel-sel yang menyusun jaringan otot memiliki struktur yang khusus, yaitu membran plasma sel otot disebut sarkolema dan sitoplasmanya disebut sarkoplasma, serat otot disebut miofibril, setiap miofibril disusun oleh beberapa sarkomer.

Jaringan ikat

4.     Jaringan yang melapisi permukaan tubuh dan membatasi rongga tubuh berdasarkan letaknya dibedakan menjadi epitellum (jaringan epitel) yang melapisi permukaan luar tubuh, endothellum (jaringan yang membatasi   organ dalam) dan mesotellum (jaringan epitellum yang membatasi rongga), dengan ciri sel-sel yang memadat dan saling terikat erat, pada permukaan apikal (bagian atas) beberapa jenis jaringan epitel terdapat mikrovili (tonjolan dari permukaan sel yang bentuknya seperti jari) atau sili, permukaan basal (bagian bawah) jarigan epitel berikatan dengan jaringan ikat, arigan epitel dan jarigan ikat yang berada dibawahnya dihubungkan oleh membran dasar yang pada umumnya terdiri dari 2 lapis yaitu lamina basalis dan lamina retikularis, jaringan ini berfungsi melindungi jaringan dibawahnya dari kerusakan atau mengangkut zat-zat antar jaringan atau rongga yang di pisahkannya, pada saluran pencernaan mengeluarkan berbagai macam enzim.

Jaringan otot

 

JARINGAN EPITEL

NO

NAMA JARINGAN EPITEL

GAMBAR

STRUKTUR

LETAK

1

Epitel pipih

 

 

 

2

Epitel silindris

 

 

 

3

Epitel kubus

 

 

 

4

Epitel transisi

 

 

 

5

Epitel kelenjar

 

 

 

 

Tersusun dari apakah jaringan epitel? ....

Tuliskan ciri-ciri jaringan epitel! ....

JARINGAN IKAT

NO

NAMA JARINGAN IKAT

GAMBAR

STRUKTUR

LETAK

1

Ikat longgar

 

 

 

2

Ikat padat

 

 

 

3

Jaringan lemak (adiposa)

 

 

 

4

Jaringan darah

 

 

 

5

Jaringan tulang

 

 

 

6

Jaringan limfe

 

 

 

 

Tersususn dari apakah jaringan ikat? ....

Tuliskan ciri-ciri jaringan ikat! ....

 

JARINGAN OTOT

NO

NAMA JARINGAN OTOT

GAMBAR

STRUKTUR

LETAK

1

Otot polos

 

 

 

2

Otot lurik

 

 

 

3

Otot jantung

 

 

 

 

Tersusun dari apakah jaringan otot? ....

Tuliskan ciri-ciri jaringan otot! ....

 

JARINGAN SARAF

Gambar sel saraf/neuron

Keterangan :

No 1 ....

No 2 ....

No 3 ....

No 4 ....

No 5 ....

Tersusun dari apakah jaringan saraf? ....

Fungsi jaringan saraf ....

Macam sel saraf berdasarkan fungsinya

1.       Sel saraf sensorik, berfungsi untuk ....

2.       Sel saraf konektor/penghubung, berfungsi untuk ....

3.       Sel saraf penghubung, berfungsi untuk ....

SISTEM ORGAN

NO

SISTEM ORGAN

ORGAN PENYUSUN

FUNGSI

1.

Sistem indera

 

 

2.

Sistem otot

 

 

3.

Sistem rangka

 

 

4.

Sistem pencernaan

 

 

5.

Sistem pernapasan

 

 

6.

Sistem sirkulasi

 

 

7.

Sistem saraf

 

 

8.

Sistem reproduksi

 

 

9.

Sistem endokrin (sistem hormon)

 

 

10.

Sistem eksresi

 

 

 

Kerusakan pada salah satu anggota sistem organ akan merusak fungsi sistem organ tersebut. Jelaskan pernyataan tersebut dengan contoh! ....

Apakah fungsi antara satu sistem organ dengan fungsi sistem organ lain saling berkaitan? ....

Selamat Bekerja!!!

 

 


Comments

Popular posts from this blog

LKPD 3 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD 9 SISTEM KOORDINASI