Praktik 3 Percobaan Ingenhousz


 PERCOBAAN INGENHOUSZ

A. TUJUAN

    1. Membuktikan fotosintesis menghasilkan oksigen

    2. Mengetahui pengaruh cahaya terhadap laju fotosintesis


B. BAHAN DAN ALAT

    BAHAN :

    1. 4 batang tumbuhan air, contohnya Hydrilla verticillata

    2. air secukupnya untuk mengisi 4 buah gelas beker


    ALAT :

    1. 4 buah gelas beker beri label A, B, C, D

    2. 4 buah corong kaca

    3. 1 buah plastik mica warna merah, hijau, ungu

    4. 4 buah tabung reaksi

    5. 12 kawat penjepit corong ke gelas beker

    6. 4 buah penjepit tabung reaksi


C. CARA KERJA

    1. Potonglah secara miring beberapa cabang tumbuhan air dan masukkan ke dalam gelas beker dengan bagian batang menghadap ke atas.

    2. Isilah gelas beker dengan air hingga sampai penuh.

    3. Masukkan corong kaca dan tumbuhan air ke dalam gelas beker yang berisi air hingga corong kaca terbenam air.

    4. Isilah tabung reaksi dengan air sampai penuh dan tutup tabung reaksi dengan jempol kanan.

    5. Masukkan tabung reaksi dengan ke dalam air pada gelas beker dengan posisi terbalik sementara posisi tabung reaksi masih terbalik.

    6. Letakkan tabung reaksi yang berisi air itu di atas corong kaca dan tahan dengan penjepit tabung reaksi.

7. Lakukan hal sama pada 3 gelas beker yang lain.

8. Gelas beker B ditutup dengan plastik mica berwarna merah, gelas beker C ditutup dengan plastik mika warna hijau, gelas beker D ditutup dengan plastik mika warna ungu.




9. Letakkan gelas beker A, B, C, D di tempat terang (terik matahari) selama 30 menit

10. Amati gelembung yang terbentuk dari masing-masing gelas beker.


D. DATA HASIL PENGAMATAN


    Catat hasil pengamatan gelembung yang terbentuk pada tabel berikut!

Berbagai tabung

Gelembung oksigen

Laju fotosintesis

Gelas beker A

 

 

Gelas beker B

 

 

Gelas beker C

 

 

Gelas beker D

 

 


E. ANALISIS DATA HASIL PENGAMATAN

    1. Manakah yang paling banyak menghasilkan gelembung? A, B, D, atau D?

    2. Mengapa percobaan harus menggunakan tumbuhan air?

    3. Warna apakah yang paling banyak meningkatkan laju fotosintesis?


F. KESIMPULAN


G. REFLEKSI 



by Ai Rohimah, S.Pd

Guru Biologi SMA Pasundan Rancaekek

 

Sumber :

Syamsuri, Istamar. 2009. Panduan Praktikum Terpilih Biologi SMA 3. Jakarta. Erlamgga.

Pujiyanto, Sri. Siti Ferniah, Rejeki. 2016. Menjelajahi Dunia Biologi 3. Solo. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Suhaeny, Any, dkk. 2017.Modul Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Biologi SMA Kelompok Kompetensi E. PPPPTK IPA Direktorat Jendral Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Comments

Popular posts from this blog

LKPD 3 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD 9 SISTEM KOORDINASI