LKPD 3 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
BIOLOGI SMA KELAS X
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 3
KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
KOMPETENSI DASAR :
3.3. Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima
kingdom.
4.3. Menyusun
kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Melalui penerapan
Model Pembelajaran Discovery Learning
dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dan
metode diskusi, penugasan, tanya jawab,
dan presentasi, siswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup
dalam lima kingdom dan mampu menyusun kladogram berdasarkan prinsip-prinsip
klasifikasi makhluk hidup, sehingga siswa mampu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar
kritis, dan kreatif, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi,
berkolaborasi, berkreasi (4C).
Pada Kompetensi Dasar sebelumnya kalian sudah memahami adanya persamaan maupun perbedaan ciri suatu organisme baik dalam satu jenis maupun antarjenis hingga perbedaan dalam tingkat interaksi yang disebut keanekargaman tingkat ekosistem. Kalian tentu menyadari bahwa keanekargaman ternyata sangat banyak, sehingga sangat sukar untuk mempelajarinya. Sejak dahulu manusia sudah mengelompokkan makhluk hidup untuk berbagai kepentingan. Yang paling awal dan sederhana sejak dahulu makhluk hidup dikelompokkan menjadi kelompok hewan dan kelompok tumbuhan, pengelompokkan tersebut tentu tidak sembarang melainkan berdasarkan kategori salah satunya persamaan dan perbedaan ciri.
Hingga saat ini terdata bahwa klasifikasi atau pengelompokkan didasarkan pada beberapa kategori, diantaranya ciri-ciri morfologi, cara reproduksi, manfaat, ciri-ciri kromosom, kandungan gen dalam kromosom dan kandungan zat biokimia. Contohnya klasikasi tumbuhan berdasarkan manfaatnya adalah tumbuhan yang bermanfaat untuk bumbu dapur diantaranya jahe, kunyit, kencur, serei, bawang putih, bawang merah, lada, dll.
Buatlah beberapa pertanyaan berkaitan dengan informasi di atas!
Klasifikasi adalah ....
Taksonomi adalah ....
Klasifikasi bertujuan untuk ....
Manfaat klasifikasi adalah untuk ....
Berdasarkan macamnya, sistem klasifikasi dibedakan menjadi klasifikasi sistem alamiah, klasifikasi sistem artifisial, klasifikasi sistem filogenetik.
Klasifikasi sistem alamiah adalah ....
Contoh klasifikasi sistem alamiah salah satunya adalah ....
Klasifikasi sistem artifisial adalah ....
Contoh klasifikasi sistem artifisial salah satunya adalah ....
Klasifikasi sistem filogenetik adalah ....
Contoh klasifikasi sistem filogenetik salah satunya adalah ....
Klasifikasi sistem filogenetik berkembang berdasarkan tingkatan taksonnya, sehingga sistem klasifikasi dibedakan menjadi sistem klasifikasi berdasarkan kingdom.
Sistem dua kingdom terdiri dari ....
Sistem tiga kingdom terdiri dari ....
Sistem empat kingdom terdiri dari ....
Sistem lima kingdom terdiri dari ....
Untuk lebih memahami perbedaan kingdom pasangkan pernyataan pada tabel berikut dengan benar!
Kingdom |
Ciri
Utama |
Contoh |
Monera |
a. Eukariot, multiseluler, heterotrof |
1. Kucing (Felis catus) |
Protista |
b. Eukariot, sebagian besar multiseuler, heterotrof dengan menyerap zat-zat makanan dari lingkungan |
2. Bakteri penyebab sakit tyfus (Salmonella typhi) |
Fungi |
c. Prokariot, berukuran mikro, uniseluler |
3. Jamur tiram (Pleurotus ostreatus ) |
Plantae |
d. Eukariot, uniseluler atau multiseluler, sederhana, autotrof atau heterotrof dengan cara menyerap atau menelan makanan |
4. Bayam (Amarantus caudatus) |
Animalia |
e. Eukariot, multiseluler dengan, autotrof dengan melakukan fotosintesis |
5. Rumput laut bahan baku agar-agar (Eucheuma spinosum) |
Monera : b, 1
Klasifikasi menghasilkan takson
Takson adalah ....
Tuliskan 7 urutan tingkatan takson hewan dari yang paling tinggi ke yang paling rendah ....
Tuliskan 7 urutan tingkatan takson tumbuhan dari yang paling tinggi ke yang paling rendah ....
Tuliskan contoh penulisan takson pada hewan!
Tuliskan contoh penulisan takson pada tumbuhan!
Untuk memudahkan komunikasi, berdasarkan kesepakatan Internasional digunakan metode Binomial Nomenclature atau tata nama ganda karena setiap makhluk hidup memiliki nama lokal sesuai bahasa dll yang berbeda, sehingga diperlukan nama unik yang dikenal di seluruh dunia.
Tuliskan 3 nama ilmiah tumbuhan dan 3 nama ilmiah hewan dengan benar menurut aturan pemberian nama Binomial nomenclature, beserta nama Indonesianya!
Melakukan klasifikasi secara sederhana dapat kalian lakukan dengan cara mengklasifikasikan/mengelompokkan makhkuk hidup yang kalian temui sesuai kebutuhan berdasarkan persamaan ciri dan perbedaan ciri suatu makhkuk hidup, misalnya di pasar kalian menemukan wortel, bayam, kangkung, jahe, lada, lengkuas, kunyit, asam, sawi hijau, sawi putih, pakcoy, kelapa, jengkol, petai, terong ungu, terong, cabe hijau, cabe merah, cabe gendol, cabe keriting hijau, cabe keriting merah, cabe rawit hijau, cabe rawit merah.
Klasifikasikan data di atas pada :
Kelompok sayuran hijau : ....
Kelompok bumbu : ....
Kelompok obat tradisional : ....
Kelompok penghasil rasa pedas : ....
Dapat juga kalian mengelompokkan makhluk hidup menggunakan kunci determinasi/kunci dikotom/kunci identifikasi berikut :
Kunci determinasi/kunci dikotom/kunci identifikasi pada Tumbuhan
1a |
Tanaman bergetah ... |
Ke nomor 8 |
1b |
Tanaman tidak bergetah ... |
Ke nomor 2 |
2a |
Daun berbentuk ginjal atau jantung, bertulang daun menjari. Tepi daun beringgit atau berlekuk merayapp, rumput-rumputan yang mudah berakar ... |
Umbeliferae |
2b |
Daun tidak berbentuk ginjal atau jantung ... |
Ke nomor 3 |
3a |
Mempunyai seludang daun yang memeluk batang, kadang-kadang mempunyai selpaut bumbung yang memeluk batang ... |
Ke nomor 4 |
3b |
Tidak ada seludang daun yang jelas |
Ke nomor 8 |
4a |
Tulang lateral banyak sekali, lurus, dan sejajar, dan tegak lurus atau bersudut besar dengan ibu tulang daun ... |
Ke nomor 5 |
4b |
Tulang lateral tidak demikian ... |
Ke nomor 5 |
5a |
Batang yang berdaun tegak, berputar serupa tangan ... |
Zingiberaceae |
5b |
Batang tidak demikian ... |
Ke nomor 6 |
6a |
Batang dengan banyak buku yang berselaput bumbung pipih di dalam ketiak daun ... |
Polygonaceae |
6b |
Tidak ada selaput bumbung di ketiak daun, seludang terbentuk sendiri oleh tangkai daun ... |
Ke nomor 7 |
7a |
Bakal buah menumpang (di atas), bunga sedikit atau banyak tersendiri di dalam daun pelindung yang terlipat ... |
Commelinaceae |
7b |
Bakal buah tidak terlindung di antara pelindung ... |
Cannaceae |
8a |
Daun berbentuk kupu-kupu membelah dua ... |
Caesalpiniaceae |
8b |
Daun tidak berbentuk kupu-kupu ... |
Ke nomor 9 |
9a |
Daun memanjang dengan tulang daun sejajar ... |
Ke nomor 10 |
9b |
Susunan tulang dau menjari atau menyirip ... |
Ke nomor 11 |
10a |
Tepi daun berduri tempel ... |
Ke nomor 31 |
10b |
Tanaman yang tidak berduri, tidak berduri tempel ... |
Liliaceae |
|
Dan seterusnya .... |
|
Berdasarkan kunci determinasi di atas, tuliskanlah urutan nomor yang menunjukkan ciri :
Umberaliferae : ....
Zingiberaceae : ....
Polygonaceae : ....
Commelinaceae : ...
Cannaceae :
Caesalpiniaceae : ....
Kunci determinasi/kunci dikotom/kunci identifikasi pada Hewan
1a |
Memiliki tulang belakang ... |
Ke nomor 2 |
1b |
Tidak memiliki tulang belakang ... |
Ke nomor 5 |
2a |
Memiliki kelenjar susu ... |
Kelas Mamalia |
2b |
Tidak memiliki kelenjar susu ... |
Ke nomor 3 |
3a |
Bergerak dengan menggunakan sirip dan bernapas dengan insang ... |
Kelas Pisces |
3b |
Bergerak tidak menggunakan sirip dan bernapas tidak menggunakan insang ... |
Ke nomor 4 |
4a |
Tubuh ditutupi oleh sisik yang keras ... |
Kelas Reptilia |
4b |
Tubuh ditutupi oleh bulu ... |
Kelas Aves |
5a |
Memiliki cangkang dan berjalan dengan menggunkan perut ... |
Filum Gastropoda |
5b |
Tidak memiliki cangkang ... |
Ke nomor 6 |
6a |
Kakinya beruas-ruas ... |
Ke nomor 7 |
6b |
Tidak berkaki dan tubuhnya beruas-ruas ... |
Filum Annelida |
7a |
Kaki berjumlah 6 pasang ... |
Kelas Insecta |
7b |
Kaki berjumlah kurang dari 6 pasang ... |
Ke nomor 8 |
|
Dan seterusnya |
|
Berdasarkan kunci determinasi di atas, tuliskanlah urutan nomor yang menunjukkan ciri :
Kelas Mamalia : ....
Kelas Pisces : ....
Kelas Reptilia : ....
Kelas Aves : ....
Filum Gastropoda : ....
Filum Annelida : ....
Kladogram adalah ....
Membuat kladogram dari makhluk hidup berikut :
Kacang hijau
Kacang merah
Jagung
Kacang kedelai
Paku suplir
by Ai Rohimah, S.Pd
Guru Biologi SMA Pasundan Rancaekek
Sumber :
Aryulina, Diah. dkk. 2007. Biologi 1. Esis. Jakarta. Erlangga.
Pratiwi, D.A. dkk. 2017. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.
Irnaningtiyas. 2016. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.
Safitri, Ririn. 2016. Biologi X. Surakarta. CV Mediatama.
Sri Sayeki, Naniek. 2015. Biologi 1. Jakarta. CV Arya Duta.
Pujiyanto, Sri. Siti Ferniah, Rejeki. 2016. Menjelajahi Dunia Biologi 3. Solo. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Comments
Post a Comment