LKPD 1 Pertumbuhan dan Perkembangan
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 1
KOMPETENSI DASAR :
3.1. Menjelaskan pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.
4.1. Menyusun laporan hasil percobaan tentang pengaruh faktor eksternal terhadap proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Melalui penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Sintak George Lucas dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dan metode diskusi, penugasan, tanya jawab, dan presentasi, siswa mampu menjelaskan pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup dan mampu menyusun laporan hasil percobaan tentang pengaruh faktor eksternal terhadap proses pertumbuhan dan perkembangan tanaman, sehingga siswa mampu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).
KEGIATAN PEMBELAJARAN
April 2019 Ibu Ai Rohimah telah melahirkan bayi perempuan dengan berat 2,8 kg dan panjang 48 cm di RSKI Kota Bandung melalui operasi Caesar dan bayi tersebut diberi nama Amira. Amira kini telah berusia 3 tahun dengan berat badan 13 Kg dan tinggi badan 92 cm. Saat kelak usia Amira berusia 17 tahun, Apakah berat badan dan tinggi badan Amira akan bertambah? Apakah Amira akan memiliki perubahan fisik seperti anak remaja menuju dewasa pada umumnya? Doakan ya semoga Amira tumbuh dan berkembang normal seperti anak-anak lainnya secara umum. Oh ya apakah kalian tahu berat badan dan tinggi badan kalian saat bayi? Bandingkan dengan berat badan dan tinggi badan kalian saat ini! (coba mengingat kembali data berat badan dan tinggi badan kalian saat belajar Sistem Perncernaan makanan di kelas XI, saat menghitung berat badan ideal).
Buatlah beberapa pertanyaan berkaitan dengan informasi di atas!
Pertanyaan :
1. Jelaskan pengertian pertumbuhan!
2. Tuliskan 3 contoh pertumbuhan pada makhluk hidup (boleh contoh pada tumbuhan, hewan atau manusia)!
3. Jelaskan pengertian perkembangan!
4. Tuliskan 3 contoh perkembangan pada makhluk hidup (boleh contoh pada tumbuhan, hewan atau manusia)
Penguatan konsep :
Pertumbuhan dan perkembangan berjalan secara simultan (bersamaan). Perkembangan sebagai hasil pertumbuhan, namun pertumbuhan tidak selalu melakukan perkembangan, karena terdapat faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Buatlah kelompok praktik menjadi 5-9 kelompok sesuai tema yang dipilih/ditentukan :
https://www.biologismaaraa.id/2022/07/praktik-1-struktur-biji-monokotil.html
https://www.biologismaaraa.id/2022/07/praktik-2-struktur-biji-dikotil.html
https://www.biologismaaraa.id/2022/07/praktik-3-perkecambahan-hipogeal.html
https://www.biologismaaraa.id/2022/07/praktik-4-perkecambahan-epigeal.html
https://www.biologismaaraa.id/2022/07/praktik-5-pertumbuhan-pada-ujung-akar.html
https://www.biologismaaraa.id/2022/07/praktik-6-faktor-yang-mempengaruhi.html
https://www.biologismaaraa.id/2022/07/praktik-7-membuat-tauge.html
Presentasikan hasil praktik di depan kelas, dalam bentuk infografis atau video atau sesuai keinginan dan kemampuan kalian yang terbaik.
Sebagai penutup hasil praktik, perkuat pemahaman kalian dengan mengerjakan lanjutan pertanyaan berikut :
5. Perhatikan gambar struktur biji berikut, kemudian lengkapi keterangan gambar struktur biji tersebut!
1). Struktur biji ....................
Keterangan : A. ............
B. ............
C. ............
D. ............
E. ............
2). Struktur biji ......................Keterangan : A. ............
B. ............
C. ............
D. ............
E. ............
6. Perhatikan gambar tipe perkecambahan berikut, kemudian beri keterangan gambar tipe perkecambahan tersebut!
a. Tipe perkecambahan .............. adalah ................., contohnya (3 contoh) .................
b. Tipe perkecambahan .............. adalah ................., contohnya (3 contoh) .................
8. Perhatikan gambar pertumbuhan pada ujung batang berikut, kemudian beri keterangan!
9. Pertumbuhan primer adalah .................., contohnya ...........
10. Pertumbuhan sekunder adalah ..............., contohnya ...........
12. Etiolasi adalah .............
13. Proses apakah yang terjadi pada pembuatan tauge, jelaskan!
P PELAJARI MATERI FAKTOR-FAKTIR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN PADA TUMBUHAN!
11. Dua tumbuhan yang sama berasal dari induk yang sama, ditanam di tempat yang sama, diberi perlakuan yang sama seperti penyiraman, pemupukan dan lain-lain. Namun setelah tumbuh, kedua tumbuhan tersebut memiliki tinggi yang berbeda. Jelaskan kemungkinan faktor penyebabnya!
12. Pasangkanlah pernyataan sebelah kanan dengan pernyataan sebelah kiri, sesuai pasangan pernyataan yang paling tepat!
13. Berilah keterangan pada gambar fase embrionik berikut!
14. Beri keterangan pada gambar urutan metamorfosis berikut, kemudian urutkan dengan tepat!
Pelajari materi langkah-langkah metode ilmiah!
Studi kasus :
Kelas XII sedang melakukan praktik menumbuhkan biji kacang hijau (Phaseolus radiatus) pada tempat gelap dan pada tempat terang dengan hasil terlihat pada foto berikut!
Tentukan :
a. Judul :
b. Tujuan :
c. Kerangka/landasan teori (data) :
d. Rumusan masalah :
e. Hipotesis (Ho dan H1) :
f. Bahan dan alat (selain bahan dan alat tuliskan juga varibel bebas, variabel terikat dan variabel kontrol juga cara kerja) :
g. Pembahasan :
h. Kesimpulan :
by Ai Rohimah, S.Pd
Guru Biologi SMA Pasundan Rancaekek
Sumber :
Aryulina, Diah. dkk. 2007. Biologi 3. Esis. Jakarta. Erlangga.
S, Purwatiningsih. 2006. Biologi XII. Surakarta. PT Pabelan Cerdas Nusantara.
Sri Lestari, Endang. Kistinnah, Idun. 2010. Biologi XII. Bandung. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasioanal.
Pratiwi, D.A. dkk. 2012. Biologi XII. Jakarta. CV Erlangga.
Sri Sayeki, Naniek. 2017. Biologi XII. Jakarta. CV Arya Duta.
Pujiyanto, Sri. Siti Ferniah, Rejeki. 2016. Menjelajahi Dunia Biologi 3. Solo. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
https://roboguru.ruangguru.com/question/perhatikan-gambar-struktur-biji-di-bawah-ini-bagian-yang-mensekresikan-hormon-giberelin_QU-UBPHPAV8, diunduh tanggal 2 agustus 2021 pukul 20.47
https://roboguru.ruangguru.com/question/perhatikan-gambar-biji-berikut-ini-pernyataan-yang-tepat-tentang-struktur-biji-pada_QU-PAVRH5X4, diunduh tanggal 2 agustus 2021 pukul 20.48
https://roboguru.ruangguru.com/question/perhatikan-gambar-berikut-ini-biji-tersebut-termasuk-biji-sementara-bagian-yang-ditunjuk_te44MgysJEW, diunduh tanggal 2 agustus 2021 pukul 20.49
https://www.belajaritumemangasyik.com/2021/09/soal-biologi-kelas-xii-pertumbuhan.html, diunduh tanggal 2 agustus 2021 pukul 20.48
https://pak.pandani.web.id/2018/06/tipe-perkecambahan-yang-ditunjukan-oleh.html, diunduh tanggal 2 agustus 2021 pukul 20.49
https://roboguru.ruangguru.com/question/perhatikan-gambar-jaringan-pada-ujung-akar-tanaman-daerah-pembelahan-sel-ditunjukkan-oleh_QU-IPTU22Z3, diunduh tanggal 2 agustus 2021 pukul 21.30
https://pak.pandani.web.id/2018/07/perhatikan-gambar-struktur-titik-tumbuh.html, diunduh tanggal 2 agustus 2021 pukul 21.31
https://kejarcita.id/bank/questions/194384, diunduh tanggal 2 agustus 2021 pukul 22.01
https://roboguru.ruangguru.com/question/perhatikan-tahapan-fase-embrionik-di-bawah-ini-embrioblas-pada-gambar-fase-embrionik_QU-B2SW19QX, diunduh 2 agustus 2022 pukul 22.16
Comments
Post a Comment